EVITA NURFIRDAUS, 1725143090 (2018) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MIN 14 KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (670kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (918kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (442kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (418kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di MIN 14 Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Evita Nurfirdaus, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM: 1725143090 Tahun 2018 dibimbing oleh Dr. H. As’aril Muhajir, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Membina Akhlakul Karimah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh maraknya peserta didik yang kurang memiliki akhlak yang baik terhadap temannya, gurunya, dan juga orangtua umumnya. Banyak sekali berita di televisi dan media sosial tentang pembulian, perkelahian pelajar, siswa yang berani memukul/menganiaya gurunya bisa jadi semua itu terjadi karena kurangnya penanaman pola pikir yang menanamkan akhlak mulia pada diri peserta didik sehingga peserta didik tergoyahkan dengan tren-tren yang bermunculan melalui media masa yang semakin mudah diakses peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MIN 14 Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017-2018. 2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam melakukan pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MIN 14 Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017-2018. 3) Bagaimana evaluasi program guru dalam melakukan pembinaan akhlakul karimah peserta didik di MIN 14 Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017-2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di MIN 14 Kabupaten Blitar. Data yang penulis dapatkan dari guru, kepala, sekolah, peserta didik, orangtua peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Dalam perencanaannya guru MIN 14 Kabupaten Blitar melewati 3 tahapan yaitu dengan a. Merumuskan tujuan yang ingin dicapai, b. Pemilihan program untuk mencapai tujuan, dan c. Identifikasi dan pengerahan sumber yang jumlahnya selalu terbatas. 2) Dalam pelaksanaannya guru MIN 14 Kabupaten Blitar melalui a. Integrasi iman dan taqwa dalam visi, misi, tujuan, dan proses pembelajaran, b. Intagrasi nilai-niilai iman dan taqwa dalam pembinaan akhlakul karimah dalam mata pelajaran non agama, c. Pembentukan budaya sekolah yang mendukung peningkatan iman dan taqwa terhadap akhlakul karimah, d. Pengembangan diri berwawasan iman dan taqwa guna menunjang pembinaan akhlakul karimah, e. Menjalin kerja sama antara sekolah dengan orangtua dan masyarakat. 3) Dalam evaluasi program guru MIN 14 Kabupaten Blitar bisa melakukan pengevaluasian yang dilakukan saat itu juga dan evaluasi rutin setelah kegiatan dan dirudingkan saat rapat dan hasil dari evaluasi program pembinaan akhlakul karimah peserta didik rata-rata sudah baik namun walaupun demikian masih ada juga yang harus selalu di awasi, dibina, dan ditingkatkan lagi dalam pembinaan karakter akhlakul karimahnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143090 EVITA NURFIRDAUS |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 08:34 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 08:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8506 |
Actions (login required)
View Item |