DANI FATUS SARIROH, 1721143097 (2018) PENGARUH KEBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DAN KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VII DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kebiasaan Shalat Berjama’ah Dan Kebiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VII Di SMPN 1 Ngantru”, ini ditulis oleh Dani Fatus Sariroh, NIM. 1721143097. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag, NIP. 19651215 200312 2 001. Kata Kunci: Kebiasaan Shalat Berjama’ah, Kebiasaan Membaca Al-Qur’an, Prestasi Belajar PAI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan shalat berjama’ah dan kebiasaan membaca Al-Qur’an yang dilakukan untuk mengembangkan karakter peserta didik dan seluruh warga SMPN 1 Ngantru Tulungagung melalui penanaman nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dalam pelaksanaan kebiasaan shalat berjama’ah masih ada siswa yang mangkir, tidak ikut melaksanakan shalat berjama’ah. Sedangkan kebiasaan membaca Al-Qur’an ini sifatnya harus ikut, karena dilaksanakan sebelum jam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kebiasaan shalat berjama’ah terhadap prestasi belajar aspek afektif mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar aspek psikomotorik mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kebiasaan shalat berjama’ah dan kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif ex-postfacto dengan jenis korelasi. Populasi berjumlah 320 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dan diperoleh sampel 80 siswa. Variabel bebas: kebiasaan shalat berjama’ah dan kebiasaan membaca Al-Qur’an, variabel terikat prestasi belajar PAI. Sumber data: Responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: deskripsi data, uji coba instrumen, uji asumsi, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS for Windows 22.0. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan shalat berjama’ah terhadap prestasi belajar aspek afektif mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (3,504 > 2,000). (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar aspek psokomotorik mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (2,799 < 2,000). (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan shalat berjama’ah dan kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan dari Fhitung (5,889) > Ftabel (3,11).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143097 DANI FATUS SARIROH |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 06:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8512 |
Actions (login required)
View Item |