Peningkatkan Ketuntasan Belajar Matematika Sub Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas VIII-D MTsN Tulungagung 2 Tahun Pelajaran 2011-2012

Mucholifah, Umi Hanik (2012) Peningkatkan Ketuntasan Belajar Matematika Sub Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas VIII-D MTsN Tulungagung 2 Tahun Pelajaran 2011-2012. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER UMI HANIK.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMI HANIK PENUH.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Ketuntasan Belajar, Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization), Kubus dan Balok. Penelitian dalam skrisi ini dilatarbelakangi oleh penemuan masalah ketika PPL dan observasi yang telah dilakukan peneliti di MTsN Tulungagung 2 kelas VIII-D yang menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil peserta didik yang mampu menguasai bahan ajar, yakni 90%-100% dari penyajian guru. Sebagian besar peserta didik bervariasi antara 50%-80% penguasaannya terhadap bahan yang disajikan guru, padahal ketuntasan belajar minimum di sekolah ini adalah 75 dan ketuntasan klasikalnya adalah 80%, yang artinya ketuntasan belajar kelas belum mencapai 80% perlu diadakan diagnostik dan remidial sebelum materi dilanjutkan. Sedangkan konsep ketuntasan belajar didasarkan pada konsep pembelajaran tuntas.Pembelajaran tuntas sebenarnya menganut pendekatan individual, dalam arti meskipun kegiatan belajar ditujukan kepada sekelompok peserta didik (klasikal), tetapi juga mengakui dan memberikan layanan sesuai dengan perbedaan-perbedaan individual peserta didik sehingga pembelajaran memungkinkan berkembangnya potensi masing-masing peserta didik secara optimal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan ketuntasan belajar matematika pada sub pokok bahasan volume Kubus dan Balok pada siswa kelas VIII-D MTsN Tulungagung 2 tahun pelajaran 2011/2012? (2) Bagaimana hasil ketuntasan belajar matematika pada sub pokok bahasan volume Kubus dan Balok pada siswa kelas VIIID MTsN Tulungagung 2 tahun pelajaran 2011/2012 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI? (3) Bagaimana respon siswa kelas VIII-D MTsN Tulungagung 2 tahun pelajaran 2011/2012 terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TAI? Adapun tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan ketuntasan belajar matematika pada sub pokok bahasan volume Kubus dan Balok pada siswa kelas VIII-D MTsN Tulungagung 2 tahun pelajaran 2011/2012, (2) Untuk mengetahui hasil ketuntasan belajar matematika pada sub pokok bahasan volume Kubus dan Balok pada siswa kelas VIII-D MTsN Tulungagung 2 tahun pelajaran 2011/2012 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, (3) Untuk xvi mengetahui respon siswa kelas VIII-D MTsN Tulungagung 2 tahun pelajaran 2011/2012 terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TAI . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang mana dalam satu siklus dibagi menjadi dua kali pertemuan. Dalam satu siklus ada empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan, (4) Refleksi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang lebih bersifat natural, deskriptif, induktif, dan menemukan makna dari suatu fenomena. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D MTsN Tulungagung 2 tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team-Assisted Individualization) dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dengan tahapan tes penempatan siswa dan pembentukan kelompok, presentasi peneliti, belajar secara individu, belajar kelompok, pelaksanaan tes berupa LKS dan tes akhir siklus, dan perhitingan nilai kelompok serta pemberian penghargaan bagi kelompok. Peningkatan ketuntasan belajar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan klasikal mulai dari tes penempatan dengan ketuntasan belajar 68,75% dan setelah adanya pembelajaran TAI ketuntasan belajar mencapai 78,13% untuk tes akhir siklus I dan 90,63% untuk tes akhir siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa ketuntasan belajar sub pokok bahasan kubus dan balok pada siswa kelas VIII-D MTsN Tulungagung 2 tahun pelajaran 2011/2012 meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team-Assisted Individualization).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 02:53
Last Modified: 28 Jan 2015 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item