INDAH DEWI KUMALASARI, 1726143017 (2018) PENERAPAN PERMAINAN PLAYDOUGH DAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGENALAN KONSEP ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B RA PERWANIDA AL-QODIRIYAH SLEMANAN II UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (535kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (483kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Permainan Playdough dan Kemampuan Kognitif dalam Pengenalan Konsep Angka pada Anak Kelompok B RA Perwanida Al-Qodiriyah Slemanan II Udanawu Blitar” ditulis oleh Indah Dewi Kumalasari yang dibimbing oleh Bapak M. Ridho Al-Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Bermain, Playdough, Kognitif, Angka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya guru kelas dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep angka. Karena masih banyak ditemui anak-anak yang kesulitan mengenal nama dan lambang bilangan. Hal ini karena guru lebih sering menggunakan metode penugasan dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Beliau mengungkapkan bahwa anak-anak sering mengeluh karena cenderung monoton yang membuat anak menjadi pasif, bosan, dan tidak terfokus perhatiannya pada pembelajaran. Dengan begitu, Bu Evi selaku guru kelas berinisiatif menerapkan permainan playdough, diharapkan memberikan kebermaknaan serta pengalaman baru bagi anak sehingga menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan serta tujuan pembelajaran yaitu peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep angka dapat tercapai. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan permainan playdough dalam pengenalan konsep angka di RA Perwanida Al-Qodiriyah Slemanan II Udanawu Blitar? 2) Bagaimanakah relasi antara kemampuan mengenal konsep angka anak dengan permainan playdough di RA Perwanida Al-Qodiriyah Slemanan II Udanawu Blitar? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan metode permainan playdough dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep angka di RA Perwanida Al-Qodiriyah Slemanan II Udanawu Blitar. 2) Mendeskripsikan kemampuan pengenalan konsep angka anak dengan penerapan permainan playdough di RA Perwanida Al-Qodiriyah Slemanan II Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berusaha mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya melalui tiga tahapan, meliputi tahap reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disampaikan disini, bahwa: Pertama, upaya guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam pengenalan konsep angka melalui permainan playdough, merupakan pembelajaran yang baru bagi anak. Anak terlibat secara langsung, aktif dan kreatif saat bermain angka dengan playdough. Kedua, dengan bermain, anak belajar mengenal konsep angka dengan sukarela. Ketiga, Perkembangan dari aspek-aspek utama dalam kemampuan kognitif anak kelompok B1 menunjukkan kemajuan setiap kali guru menerapkan pengenalan konsep angka dengan playdough. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan permainan playdough mampu meningkatkan kemampuan kognitif pengenalan konsep angka kepada anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 1726143017 INDAH DEWI KUMALASARI |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 03:50 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 03:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8527 |
Actions (login required)
View Item |