PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR/ FOTO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII di SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

ASSRY KRISNAWATI ROHMA, 1721143073 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR/ FOTO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII di SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “,Pengaruh Penggunaan Media Gambar/ Foto terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMPN 2 Ngantru Tulungagung” yang ditulis oleh Assry Krisnawati Rohma ini telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing untuk diujikan. NIM.1721143073. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A, NIP. 197404082007101003 Kata Kunci : Alat Pembelajaran, Motivasi Belajar, Penyaji Informasi Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya sisw tidak mengikuti pelajaran tanpa keterangan. Oleh karena itu, berdampak negatif ke minat belajar siswa yang kurang aktif saat pembelajaran di dalam kelas terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Disini seorang guru harus pandai – pandai memilih dan menggunakan sebuah media yang sesuai agar siswa tertarik mengikuti pembelajaran di kelas. Rumusan masalah : (1) Adakah pengaruh penggunaan media gambar/ foto sebagai alat Pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung? (2) Adakah pengaruh penggunaan media gambar/ foto sebagai alat Motivasi Belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung? (3) Adakah pengaruh penggunaan media gambar/ foto sebagai alat Penyaji Informasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Tulungagung?. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi seluruh siswa SMPN 2 Ngantru Tulungagung yaitu 300 siswa yang sebagai sampelnya yaitu sebanyak 51 siswa dengan tehnik simple random sampling. Adapun Variabel bebas : Penggunaan Media Gambar/ Foto dan Variabel terikat : Minat Belajar. Sumber data: responden dan dokemen. Adapun Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data: uji validitas, uji reliableitas, uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas dan uji anova dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows 10. Adapun hasil penelitian ini : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan alat pembelajaran terhadap minat belajar dapat diketahui bahwa pengujian hipotesis alternatif (H1) pertama diterima. Pengujian hipotesis pertama dilakukan dengan membandingkan antara hasil dari thitung dengan ttabel. Dari table coefficients di atas diperoleh nilai thitung = 4,880. Sementara itu, untuk ttabel dengan tarah signifikasi 0,05 diperoleh nilai ttabel 2,012. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap minat belajar dapat diketahui bahwa pengujian hipotesis alternatif (H1) pertama diterima. Pengujian hipotesis pertama dilakukan dengan membandingkan antara hasil dari thitung dengan ttabel. Dari table coefficients di atas diperoleh nilai thitung =2,822. Sementara itu, untuk ttabel dengan tarah signifikasi 0,05 diperoleh nilai ttabel 2,012. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan penyaji informasi terhadapat minat belajar dapat diketahui bahwa pengujian hipotesis alternatif (H1) pertama diterima. Pengujian hipotesis pertama dilakukan dengan membandingkan antara hasil dari thitung dengan ttabel. Dari table coefficients di atas diperoleh nilai thitung = 5,79. Sementara itu, untuk ttabel dengan tarah signifikasi 0,05 diperoleh nilai ttabel 2,012.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143073 ASSRY KRISNAWATI ROHMA
Date Deposited: 31 Jul 2018 02:05
Last Modified: 31 Jul 2018 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8552

Actions (login required)

View Item View Item