ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

DEWI ZAQIATUL MISKIYAH, 1724143078 (2018) ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Dewi Zaqiatul Miskiyah, 1724143078, 2018. “ Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Open Ended Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan Blitar Tahun Ajaran 2017/2018.” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Eni Setyowati, .S.Pd. MM. Kata Kunci: Berpikir, Reflektif, Open Ended dan Memecahkan Masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena dimana guru matematika kurang mengoptimalkan kemampuan berpikir tinggi siswa yaitu berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflektif siswa dalam penelitian ini meliputi 3 fase. Yaitu: Pertama, Reacting adalah bereaksi dengan pemahaman pribadi terhadap masalah matematis yang berfokus pada ifat alami situasi. Kedua, Comparing adalah melakukan analisis dan klarifikasi pengalaman individual, serta makna dan informasi-informasi untuk mengevaluasi apa yang diyakini dengan cara membandingkan reaksi dengan pengalaman yang lain.ketiga, Contemplating adalah fokus terhadap menginformasikan, mempertimbangkan dan merekontruksi situasi atau masalah, salah satu aktivitas untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir reflektif siswa adalah memecahkan masalah open ended. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan berpikir reflektif siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah open ended matematika pada materi SPLDV. 2) Untuk menjelaskan berpikir reflektif siswa berkemampuan sedang dalam memecahkan masalah open ended matematika pada materi SPLDV. 3) Untuk menjelaskan berpikir reflektif siswa berkemampuan rendah dalam memecahkan masalah open ended matematika pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Obervasi, 2) Tes, 3) Wawancara, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitin ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Berpikir reflektif siswa berkemampuan tinggi adalah reflektif. Hal ini terbukti dari hasil tes dan wawancara, siswa telah memenuhi ketiga indikator dalam berpikir reflektif yaitu fase reacting, comparing, dan contemplating. 2) Berpikir reflektif siswa berkemampuan sedang adalah cukup reflektif. Hal ini terbukti karena dari hasil tes dan wawancara siswa telah memenuhi dua indikator dalam berpikir reflektif yaitu fase reacting dan comparing. 3) Berpikir reflektif siswa berkemampuan rendah adalah kurang reflektif. Hal ini terbukti karena dari hasil tes dan wawancara siswa hanya memenuhi satu indikator saja dalam berpikir reflektif yaitu fase reacting.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Zaqia 1724143078 Dewi Zaqiatul Miskiyah
Date Deposited: 01 Aug 2018 06:47
Last Modified: 01 Aug 2018 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8628

Actions (login required)

View Item View Item