STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung)

MUHAMMAD MAFTUH RIZKI IHSAN, 1721143284 (2018) STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Membaca al-Qur’an (Studi Kasus di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhammad Maftuh Rizki Ihsan, NIM. 1721143284, jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran al-Qur’an di sekolah/madrasah yang masih belum dapat berperan sebagaimana fungsinya, akibatnya hasil dari pembelajaran tersebut belum optimal dalam upaya peningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an yang sesuai dengan ilmu tajwid. Selain itu , terdapat pengaruh teknologi yang semakin modern yang juga membawa pengaruh tersendiri terhadap minat baca al-Qur’an siswa di lingkungan madrasah. Namun, madrasah memiliki keunikan tersendiri, yakni adanya pengembangan pembelajaran al-Qur’an yang melibatkan seluruh elemen guru dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an serta agar para siswa dapat memahami ilmu tajwid. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendekatan peningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an?; (2) Bagaimana metode peningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an?; (3) Bagaimana evaluasi peningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui pendekatan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an, (2) Untuk mengetahui metode peningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an, (3) Untuk mengetahui evaluasi peningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode, menggunakan bahan referensi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa : (1) Pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung adalah : (a) pendekatan individual, (b) pendekatan kelompok, (c) pembiasaan, dan (d) keteladanan. (2) Metode pembelajaran yang diterapkan dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung adalah : (a) metode latihan, (b) metode tanya jawab, (c) metode ceramah. (3) evaluasi pembelajaran yang diterapkan dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung adalah : (a) Tes (tulis dan lisan), (b) Observasi atau pengamatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143284 MUHAMMAD MAFTUH RIZKI IHSAN
Date Deposited: 13 Aug 2018 07:17
Last Modified: 13 Aug 2018 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8635

Actions (login required)

View Item View Item