SILVI NURROHMAH, 1721143371 (2018) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (846kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (432kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (652kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (390kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol ” ini ditulis oleh Silvi Nurrohmah, NIM. 1721143110, Dosen pembimbing Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd., NIP. 1972608 200212 1 001 Kata kunci: Strategi Peningakatan Mutu Pembelajaran, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru Agama Islam saat pembelajaran secara tidak langsung dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Agama Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendekatan peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama islam yang terjadi di SMP Negeri 2 Sumbergempol? (2) Bagaimana metode peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama islam yang terjadi di SMP Negeri 2 Sumbergempol? (3) Bagaimana teknik peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama islam yang terjadi di SMP Negeri 2 Sumbergempol (4)Bagaimana evaluasi peningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam yang terjadi di SMP Negeri 2 Sumbergempol? Manfaat penelitian ini bagi IAIN Tulungagung diharapkan bisa digunakan sebagai pustaka bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji tentang strategi komunikasi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Bagi peneliti sebagai bahan latihan dalam penulisan ilmiah sekaligus memberikan tambahan khazanah pemikiran konsep pendidikan Islam. Bagi lembaga SMP Negeri 2 Sumbergempol diharapkan berguna sebagai bahan masukan untuk meningkatkan strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan tambahan referensi dan dapat melakukan penelitian yang lebih sempurna. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara semiterstruktur serta dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data Miles dan Hubermen yang meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data disolay), dan penarikan kesimpulan/verfikasi (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangluasi sumber dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian : (1) Pendekatan Peningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol yang diterapkan ada 3 (tiga) yaitu: a) Pendekatan Situasional, b) Pendekatan Individu, c) Pendekatan Kelompok. (2) Metode Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol diterapkan adalah: a) Metode Ceramah, b) Metode Praktek, c) Metode Kooperatif, d) Metode Diskusi e) Metode Tanya Jawab. (3) Teknik Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol diterapkan adalah: a) Teknik Moral Reasoning, b) Teknik Ekspository, c) Teknik Internalisasi (4) Evaluasi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol diterapkan adalah dengan tes (tulis,lisan,perbuatan) dan pengamatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd 1721143371 Silvi Nurrohmah |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 03:52 |
Last Modified: | 13 Aug 2018 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8686 |
Actions (login required)
View Item |