BAGUS AHMAD NASHIRUDDIN, 1724143052 (2018) PENGARUH METODE MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN PADA SISWA SMAN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (831kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (413kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (202kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Bagus Ahmad Nashiruddin, NIM : 1724143052, 2018, “Pengaruh Metode Mind Mapping dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Persamaan Lingkaran Pada Siswa SMAN 1 Ngunut”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing : Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Mind Mapping, Gaya Belajar, Pemahaman Konsep Salah satu bidang studi yang menduduki peranan penting dalam perkembangan karakter bangsa adalah matematika. Salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan untuk memahami konsep matematika. Konsep-konsep pada matematika saling berkaitan. Oleh karena itu, memiliki kemampuan pemahaman konsep sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Dalam Al-Qur’an juga banyak ayat-ayat yang menyatakan bahwa seorang manusia harus berpikir dan memahami. Pemahaman menjadi salah satu tugas kita sebagai makhluk hidup yang diberi keistimewaan akal pikiran. Maka perlu untuk dilakukannya suatu inovasi dalam pembelajaran matematika. Inovasi yang dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan metode mind mapping. Dengan metode mind mapping akan menuntun siswa untuk terfokus pada setiap inti penting materi, yang akan mempermudah siswa dalam menguasai dan memahami konsep materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep matematika materi persamaan lingkaran pada siswa SMAN 1 Ngunut, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar terhadap pemahaman konsep matematika materi persamaan lingkaran pada siswa SMAN 1 Ngunut, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh antara penerapan metode mind mapping dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep matematika materi persamaan lingkaran pada siswa SMAN 1 Ngunut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Dari beberapa jenis desain eksperimen yang ada, peneliti menggunakan quasy experimental design atau desain eksperimen semu. Peneliti menerapkan metode-metode pengumpulan data berupa post-test, angket, dan dokumentasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Ngunut yang dijadikan sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa dan siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Ngunut yang dijadikan sebagai kelas Eksperimen berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, (1) Ada pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep matematika materi persamaan lingkaran dengan hasil > atau 2,495 > 1,99547, (2) Ada pengaruh gaya belajar terhadap pemahaman konsep matematika materi persamaan lingkarandengan hasil > atau 4,441 > 3,13, (3) Ada pengaruh antara xvii penerapan metode mind mapping dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep matematikamateri persamaan lingkaran dengan hasil > atau 4,178 > 2,66. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep matematika materi persamaan lingkaran pada siswa SMAN 1 Ngunut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd 1724143052 Bagus Ahmad Nashiruddin |
Date Deposited: | 03 Aug 2018 02:46 |
Last Modified: | 03 Aug 2018 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8687 |
Actions (login required)
View Item |