MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE THORIQOTY DI MI PLUS MADANIA PELAS KEDIRI 2017

MOH. ROISUL MA’HAD, 1721143253 (2018) MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE THORIQOTY DI MI PLUS MADANIA PELAS KEDIRI 2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Meningkatkan Kualitas Membaca al-Qur’an melalui Pembelajaran al-Qur’an Metode Thoriqoty di MI Plus Madania Pelas Kediri 2017” ini ditulis oleh Moh. Roisul Ma’had, NIM. 1721143253, pembimbing Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I. Kata Kunci: Kualitas membaca, Pembelajaran al-Qur’an, Metode Thoriqoty Konteks dari penelitian ini adalah sebuah keprihatinan terhadap problematika pendidikan yang menekankan aspek dunia dan tidak mempelajari aspek akhirat seperti penekanan belajar bahasa Inggris daripada penekanan belajar membaca al-Qur’an yang notabenesalah satu kunci untuk mengkaji kitab al-Qur’an. Banyak beredar pembelajaran al-Qur’an yang menawarkan kecepatan dalam membaca al-Qur’an namun tidak membuat orang yang belajar al-Qur’an mampu membaca dengan baik dan benar secara Tartil sebab metode tersebut hanya mengajarkan sesuai target materi yang ada dalam buku dan bukan menerapkan kualitas dari pembelajaran yang diselenggarakan. Metode Thoriqoty merupakan salah satu metode yang sesuai dengan metode yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an sehingga menjadikan sebuah generasi yang Qur’ani. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan kualitas sifatul huruf membaca al-Qur’an melalui pembelajaran al-Qur’an Metode Thoriqoty di MI Plus Madania Pelas Kediri 2017; (2) Bagaimana meningkatkan kualitas Makhorijul huruf membaca al-Qur’an melalui pembelajaran al-Qur’an Metode Thoriqoty di MI Plus Madania Pelas Kediri 2017; (3) Bagaimana meningkatkan kualitas Tajwid membaca al-Qur’an melalui pembelajaran al-Qur’an Metode Thoriqoty di MI Plus Madania Pelas Kediri 2017. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui cara meningkatkan kualitas sifatul huruf membaca al-Qur’an melalui pembelajaran al-Qur’an Metode Thoriqoty di MI Plus Madania Pelas Kediri 2017; (2) Mengetahui cara meningkatkan kualitas Makhorijul huruf membaca al-Qur’an melalui pembelajaran al-Qur’an Metode Thoriqoty di MI Plus Madania Pelas Kediri 2017; (3) Mengetahui cara meningkatkan kualitas Tajwid membaca al-Qur’an melalui pembelajaran al-Qur’an Metode Thoriqoty di MI Plus Madania Pelas Kediri 2017. Manfaat dari penelitian ini secra teoritis adalah sebagai salah satu sumbangan terhadapa khazanah kekayaan ilmu pengetahuan, khususnya bermanfaat di bidang al-Qur’an. Dan manfaat nya secara praktis adalah (1) Bagi kalangan akademisi dan IAIN Tulungagung hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan, informasi dan sekaligus referensi yang berupa karya Ilmiah, (2) Bagi pihak sekolah yang diteliti hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang berharga dalam rangka meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an serta dapat dipergunakan sebagai bahan sumbangan pemikiran bagi sekolah yang bersangkutan dalam rangka mengembangkan usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan, (3) Bagi guru, dapat meningkatkan semangat dan motivasi dalam mengajar al-Qur’an khususnya di MI Plus Madania Pelas Kediri, (4) Bagi peneliti sendiri hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pengetahuan dan pengalaman dalam menyusun karya tulis ilmiah serta dapat dipergunakan sebagai persyaratan menjadi sarjana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi, sajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, keajekan pengamat, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian adalah (1) Pembelajaran dengan menggunakan metode Thoriqoty dapat meningkatkan kualitas sifatul huruf di MI Plus Madania Pelas Kediri dimana siswa dapat memahami aspek dari sifatul huruf dari segi bahasa dan praktek, karena menggunakan system Muroja’ah table sifatul huruf beserta artinya dan di imbangi dengan pembelajaran menggunakan bahasa anak (Psiko Linguistik), (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode Thoriqoty dapat meningkatkan kualitas makhorijul huruf di MI Plus Madania Pelas Kediri dimana pembelajarannya menggunakan sistem klasikal baca simak serta penggunaan teknik dan taktik yang bervariasi yang meneliti kekurangan dari bacaan anak dan membenahinya secara individu; (3) Pembelajaran dengan menggunakan metode Thoriqoty dapat meningkatkan Tajwd dalam membaca al-Qur’an di MI Plus Madania Pelas Kediri dimana peningkatannya menggunakan lagu Rost sebagai titik tolak dalam bacaan tajwid, karena lagu merupakan sebuah intrumen yang dapat mempengaruhi otak jangka panjang dan bacaan tajwid merupakan sebuah kode yang dimasukkan dalam sebuah lagu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143253 MOH. ROISUL MA’HAD
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:28
Last Modified: 06 Aug 2018 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8719

Actions (login required)

View Item View Item