STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI MI BAITURROHMAN NGUNUT TULUNGAGUNG

MOH. KHOZINUL ASROR, 2811133162 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI MI BAITURROHMAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menumbuhkan Kesadaran Beribadah Siswa Di Mi Baiturrohman Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Moh. Khozinul Asror, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 2811133162 Tahun 2018 dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata kunci: Strategi Guru, Kesadaran Beribadah Penelitian dalam skripsi ini Pendidikan merupakan bagian terpenting dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan, fungsi sosial, pencerahan, bimbingan sarana pertumbuhan yang mempersiapkan dan membuka serta membentuk disiplin hidup. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam segala kegiatan dibidang pendidikan betul-betul dibutuhkan guna menumbuhkan kesadaran keagamaan siswa dilingkungan sekolah. Hal ini dikarenakan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan kegiatan keagamaan sangatlah berkaitan dengan menumbuhkan kesadaran beribadah ataupun keagamaan pada siswa, sehingga pembelajaran mendapat nilai bagus. Sedangkap sikap mendapat nilai yang nihil. Apabila guru Pendidikan agama Islam merupakan seseorang pendidik yang bertanggungjawab untuk mewariskan nilai-nilai norma kepada generasi berikutnya. Dalam menumbuhkan kesadaran beribadah selain guru pendidikan agama Islam, guru yang berada di sekolah tersebut untuk ikut menumbuhkan kesadaran beribadah siswa. hal ini berkaitan dengan kerja sama guru-guru pendidikan agama Islam dan guru lainnya dalam rangka menumbuhkan kesadaran beribadah siswa dilingkungan sekolah. Jika para guru tidak mampu memberikan teladan yag baik terhadap muridnya, maka ucapan serta nasihat-nasihat guru akan diremehkan oleh anak didiknya. Pendidikan agama di sekolah sangatlah penting untuk pembinaan dan penyempurnaan pertumbuhan kepribadian anak didik, karena pendidikan agama melatih anak didik untuk melakukan ibadah yang diajarkan dalam agama, yaitu praktek-praktek agama yang menghubungkan manusia dengan Tuhannya dan karena praktek-praktek ibadah itulah yang akan membawa jiwa anak kepada Tuhannya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah sholat dhuha siswa di MI Baiturrohman Ngunut Tulungagung. 2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah istiqhosah siswa di MI Baiturrohman Ngunut Tulungagung. 3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah khotmil qur’an siswa di MI Baiturrohman Ngunut Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MI Baiturrohman Ngunut Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari guru dan siswa-siswi . Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah sholat dhuha siswa di MI Baiturrohman Ngunut Tulungagung adalah dengan cara memberikan perhatian pada siswa, guru sebagai motivator, menumbuhkan kesadaran beribadah dengan memberikan motivasi pada siswa agar siswa tersebut semangat dalam melaksanakan kegiatan sholat dhuha dan siswa tersebut tidak akan malas-malas an dalam melaksanakan kegiatan sholat dhuha tersebut, Memberikan dukungan kepada siswa-siswi. 2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah istiqhosah siswa di MI Baiturrohman Ngunut Tulungagung adalah Menumbuhkan kesadaran beribadah istiqhosah melalui Keteladanan dalam pendidikan adalah metode influentif yang paling meyakinkan keberhasilannya dalam mempersiapkan dan membentuk siswa di dalam moral, spiritual dan sosial, karena pendidik adalah contoh terbaik dalam pandangan siswa yang akan ditiru dalam tindak tanduknya, tata santunnya, Kebiasaan pada siswa, pemberian nasihat sebab nasihat dapat membukakan mata anak-anak pada hakikat sesuatu, dan mendorongnya menuju situasi luhur, dan menghiasinya dengan akhlak yang mulia. 3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah khotmil qur’an siswa di MI Baiturrohman Ngunut Tulungagung adalah Menciptakan kedisiplinan sebagai rutinitas, Membangun motivasi/ minat dalam beribadah, Memberikan intensif (berupa penghargaan dan perhatian)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133162 MOH. KHOZINUL ASROR
Date Deposited: 06 Aug 2018 02:47
Last Modified: 06 Aug 2018 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8728

Actions (login required)

View Item View Item