Pola Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Bruner pada Tahapan Simbolik terkait Materi Bangun Ruang Kelas V-A MI Miftahul Huda Tawarejo Wonodadi Blitar

Fadliati, Fadliati (2012) Pola Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Bruner pada Tahapan Simbolik terkait Materi Bangun Ruang Kelas V-A MI Miftahul Huda Tawarejo Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB 1 - BAB 5.doc

Download (2MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan guru terhadap berbagai metode-metode pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas terhadap materi yang diajarkan, minat belajar yang rendah dari para siswa serta monotonnya kegiatan belajar mengajar, yang mana sering didominasi oleh gurunya sebagai penceramah sehingga siswa hanya berperan sebagai pendengar yang pasif. Fenomena seperti inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan dan keadaan siswa masih jauh dari keadaan ideal yang diharapkan. Dalam hal ini peneliti menggali potensi dasar yang dimiliki siswa dengan dengan berbagai upaya yang salah satunya dengan mengaitkannya dengan teori belajar menurut Jerome Bruner pada tahapan simbolik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pola berpikir siswa berdasarkan Teori Bruner pada tahapan simbolik terkait materi bangun ruang kelas V-A MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar tahun ajaran 2011/2012 ? (2) bagaimana analisis pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang terhadap tahapan simbolik belajar Bruner pada materi bangun ruang kelas V-A MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ? Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi siswa MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif, metode wawancara, dan metode angket. Dari metode diatas diperoleh hasil pekerjaan siswa yang mana hasilnya akan dianalisa oleh peneliti sampai sejauh mana pemahaman dan pola berpikir mereka bila di hubungkan dengan pola berpikir berdasarkan Teori Bruner pada tahapan simbolik. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu ada 9 siswa MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar Kelas V-A telah sesuai pada pola berpikir Teori Bruner pada tahapan simbolik, dan 6 siswa pola berpikirnya belum sesuai dengan pola berpikir Bruner pada tahapan simbolik artinya mereka belum bisa memanipulasi simbol-simbol secara langsung dan tidak ada kaitannya dengan objek-objek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:55
Last Modified: 28 Jan 2015 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item