STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI HAFALAN JUZ ‘AMMA SISWA SDI ZUMROTUS SALAMAH TULUNGAGUNG

LAYYIN ADZQIA ANWAR, 1725143153 (2018) STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI HAFALAN JUZ ‘AMMA SISWA SDI ZUMROTUS SALAMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Memotivasi Hafalan Juz ‘Amma Siswa SDI Zumrotus Salamah Tulungagung” ini ditulis oleh Layyin Adzqia Anwar, NIM. 1725143153, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2018, pembimbing M. Ridhlo Al-Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Memotivasi Hafalan Juz ‘Amma Penelitian ini dilatar belakangi adanya strategi guru yang harus meningkatkan kemampuan menghafal Juz ‘Amma siswa. Dengan menciptakan motivasi dan inovasi yang menyenangkan sekaligus mempermudah dalam menghafal Juz ‘Amma, serta adanya dukungan dari media pembelajaran. Jika hal tersebut telah dikuasai oleh guru, idealnya pembelajaran akan berlangsung menarik dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam memotivasi hafalan Juz ‘Amma siswa SDI Zumrotus Salamah Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam memotivasi hafalan Juz ‘Amma siswa SDI Zumrotus Salamah Tulungagung?, 3) Bagaimana hambatan strategi guru dalam memotivasi hafalan Juz ‘Amma siswa SDI Zumrotus Salamah Tulungagung?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendiskripsikan perencanaan strategi guru dalam memotivasi hafalan Juz ‘Amma pada siswa di SDI Zumrotus Salamah Tulungagung, 2) Mendiskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam memotivasi hafalan Juz ‘Amma siswa SDI Zumrotus Salamah Tulungagung, 3) Mendiskripsikan hambatan strategi guru dalam memotivasi hafalan Juz ‘Amma pada siswa di SDI Zumrotus Salamah Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini: 1) Perencanaan strategi guru dalam memotivasi hafalan Juz ‘Amma siswa dengan cara mentarget hafalan bagi seluruh siswa yaitu dengan cara membuat jadwal hafalan pengelompokkan dari kelas atas dan kelas rendah, memperhatikan bacaan siswa yang menghafal baik dari tajwid, makhorijul hurufnya dan panjang pendeknya. Agar pada saat menghafal bacaanya siswa baik dan benar. 2) Pelaksanaan strategi guru dalam memotivasi hafalan Juz ‘Amma siswa dengan cara pemberian motivasi kepada siswa. Motivasi dari guru ini berupa penguatan atau nasehat kepada siswanya agar hafalanya ditingkatkan, menggunakan metode pencontohan kmudian siswa mendengarkan suatu bacaan untuk dihafalkan., strategi pengulangan menggunakan media tape besar yang diputarkan murotal surat-surat pendek setiap pagi sebelum bel sekolah berbunyi, Selanjutnya menggunakan strategi menyetorkan hafalan dengan guru. Penyetoran hafalan ini harus benar-benar disetorkan kepada guru yang membimbingnya. Pada program hafalan Juz ‘Amma ini guru menggunakan strategi penyetoran. Yaitu dengan cara siswa dipanggil kedepan satu persatu atau bergiliran untuk menyetorkan hafalan Juz ‘Amma kepada guru setiap hari sabtu. 3) Hambatan strategi guru dalam memotivasi hafalan juz ‘amma siswa yaitu latar belakang siswa yang berbeda-beda, waktu yang diberikan untuk hafalan Juz ‘Amma kurang sehingga hafalan ini kurang maksimal bagi siswa. Manajemen waktu yang baik akan berpengaruh besar terhadap pelaksanaan materi, utamanya dalam hal ini bagi mereka yang mempunyai kesibukan lain di samping menghafal Al-Qur’an yaitu belajar, terdapat beberapa siswa yang belum memilki kesadaran untuk menghafal Juz ‘Amma.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143153 LAYYIN ADZQIA ANWAR
Date Deposited: 06 Aug 2018 08:09
Last Modified: 06 Aug 2018 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8751

Actions (login required)

View Item View Item