HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPA DI SD NEGERI 2 BOTORAN TULUNGAGUNG

MELIYA ARIS TANTIA, 1725143175 (2018) HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPA DI SD NEGERI 2 BOTORAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Kinerja Guru dengan Hasil Belajar IPA di SD Negeri 2 Botoran Tulungagung” ini di tulis oleh Meliya Aris Tantia, NIM 1725143175, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Arina Shofiya, M. Pd. Kata Kunci: Kinerja Guru, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kerja guru yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai pengajaran secara optimal. Kinerja guru yang tinggi atau rendah dapat terlihat dari kualitas hasil pembelajaran yakni hasil belajar siswa. Tuntutan kinerja guru tersebut memiliki tingkat kesulitan masing-masing pada setiap mata pelajaran, terutama mata pelajaran IPA yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Mata pelajaran IPA bukan hanya kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, dan prinsip-prinsip saja, melainkan juga tentang suatu proses penemuan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: Apakah ada hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar IPA di SD Negeri 2 Botoran Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui apakah ada hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar IPA di SD Negeri 2 Botoran Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian korelasional ini bertujuan untuk meneliti hubungan variable pada satu faktor berkaitan dengan variasi pada faktor lain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 2 Botoran Tulungagung yang berjumlah 238 siswa dan seluruh guru di SDN 2 Botoran Tulungagung yang berjumlah 9 orang. Dengan pengambilan sampel menggunakan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling karena sampel yang diambil berstrata kelas, yaitu strata kelas I, II, III, IV, V dan VI yang berjumlah 70 siswa dan seluruh guru di SDN 2 Botoran Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 30 pertanyaan yang diberikan kepada kepala sekolah dan pengawas, karena yang berhak menilai kinerja guru adalah kepala sekolah dan pengawas. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji Spearman dengan bantuan IBM SPSS 20. Dari hasil uji Spearman menunjukkan bahwa: Ada hubungan signifikan antara kinerja guru dengan hasil belajar IPA dengan nilai signifikansi 0,0001 yang mana kurang dari 0,05. Karena nilai signifikansi < 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tinggi rendah kinerja seorang guru berhubungan dengan hasil belajar yang siswa. Dengan kata lain, jika kinerja guru tinggi, maka hasil belajar siswa juga tinggi. Begitu juga dengan kinerja guru dan hasil belajar IPA di SDN 2 Botoran Tulungagung, jika kinerja guru tinggi, maka hasil belajar siswa juga tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143175 MELIYA ARIS TANTIA
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:43
Last Modified: 10 Aug 2018 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8773

Actions (login required)

View Item View Item