PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

IRA NURAFIKA, 1724143115 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Disposisi Matematis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”. Ira Nurafika, NIM: 1724143115, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Disposisi Matematis, HasilBelajar Pada dasarnya guru dituntut untuk mempunyai aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, tak terkecuali dengan guru matematika. Peran guru yang lebih dominan dalam proses pembelajaran dan memposisikan siswa sebagai pendengar ceramah guru, dapat menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam belajar. Akibatnya proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan optimal. Sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model Pembelajaran Koopeatif tipe Numbered heads Together(NHT). Melalui model pemelajaran ini, siswa akan memiliki rasa tanggung jawab dengan kelompok belajarnya, Selain itu siswa juga akan lebih aktif dan percaya diri saat pembelajaran matematika berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap disposisi matematis siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. 2) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. 3) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap disposisi matematis dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) tes, 2) Angket, 3) dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebgai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji t-test dan Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap disposisi matematis siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut disimpulkan dari diperolehnya nilai thitung sebesar 2,652 dan nilai ttabel sebesar 1,665 pada taraf signifikan 0,05 dengan ketentuan thitung>ttabel (2,652 > 1,665) dan diperoleh nilai sig.0,010<0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajarsiswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut disimpulkan dari diperolehnya nilai thitung sebesar 3,079 dan nilaittabel sebesar 1,665 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan thitung>ttabel (3,079>1,665) dan diperoleh nilai sig.0,003<0,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap disposisi matematis dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut disimpulkan dari diperolehnya nilai fhitung sebesar 10,028 dan ftabel sebesar 3,12 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan fhitung>〖f 〗_tabel (10,028>3,12) dan pada uji Pillai’ Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root diperoleh nilai sig.0,000< 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143115 IRA NURAFIKA
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:13
Last Modified: 08 Aug 2018 08:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item