KORELASI ANTARA HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

RIZAL SAPUTRA, 1721143353 (2018) KORELASI ANTARA HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (926kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Korelasi Antara Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Rizal Saputra, NIM 1721143353, pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M. Ag. Kata Kunci : Hafalan Al-Qur’an, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar al-Qur’an hadits, yang mana pembelajaran al-Qur`an dan hadits bertujuan untuk memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari membaca al-Qur`an dan hadits serta menanamkan pengertian pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat al-Qur`an dan hadits. Oleh karena itu hafalan al-Qur’an diduga berkontribusi terhadap prestasi belajar al-Qur’an hadits. Disini peneliti ingin meneliti adakah korelasi antara hafalan al-Qur’an dengan prestasi belajar al-Qur’an hadits. Rumusan masalah dari penelitian adalah (1) adakah korelasi antara hafalan al-Qur’an yang menerapkan tajwid dengan prestasi belajar kognitif al-Qur’an hadits? (2) adakah korelasi antara hafalan al-Qur’an yang fasih dengan prestasi belajar kognitif al-Qur’an hadits? (3) adakah korelasi antara hafalan al-Qur’an yang lancar dengan prestasi belajar kognitif al-Qur’an hadits. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan persyaratan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada korelasi yang signifikan antara hafalan al-Qur’an yang menerapkan tajwid dengan prestasi belajar kognitif al-Qur’an hadits. Hal ini ditunjukkan dengan r-hitung = 0,438 pada taraf signifikan 5% diperoleh r-tabel 0,138 dan pada taraf sifnifikan 1% diperoleh r-tabel 0,181, berarti r-hitung > r-tabel (0,438 > 0,138/1,181). (2) ada korelasi yang signifikan antara hafalan al-Qur’an yang fasih dengan prestasi belajar kognitif al-Qur’an hadits. Hal ini ditunjukkan dengan r-hitung > r-tabel (0,407 > 0,138/1,181). (3) ada korelasi yang signifikan antara hafalan al-Qur’an yang lancar dengan prestasi belajar kognitif al-Qur’an hadits. Hal ini ditunjukkan dengan r-hitung > r-tabel (0,458> 0,138/1,181).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143353 RIZAL SAPUTRA
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:44
Last Modified: 09 Aug 2018 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8845

Actions (login required)

View Item View Item