PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

TYARA RAMANDANI, 1726143055 (2018) PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (896kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG Oleh : Tyara Ramandani Penelitian ini yang menjadi masalah adalah anak yang kurang mampu melompat, malas bergerak dan takut jatuh lompat terlalu tinggi. Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak dan seberapa besar pengaruh permainan lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak dan seberapa besar pengaruh permainan lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok A di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequvalent Control Group Design. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua kelas, antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk membedakan perkembangan motorik kasar anak antara yang diberi permainan lompat tali dan yang tidak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis Purposive Sampling yaitu teknik sampling yang digunakan oleh peneliti jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam pengambilan sampelnya dengan jumlah sampel kelas control sebanyak 31 anak dan kelas eksperimen 24 anak. Variabel bebas adalah permainan lompat tali, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan motorik kasar anak. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Observasi dilakukan pengobservasi dengan panduan observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh data hasil penelitian adalah nilai probabilitas (signifikansi) adalah (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok A di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Pengaruh permainan lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar melalui perhitungan effect size sebesar 8.5 dengan interpretasi dalam tabel Cohen’s dengan presentase sebesar 79% yang tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143055 TYARA RAMANDANI
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:28
Last Modified: 09 Aug 2018 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8853

Actions (login required)

View Item View Item