IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI

Mukhamad Nurudin, 1756154042 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang kurangnya antusias terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran pendidikan Agama Islam yang masih mengutamakan hasil dari aspek kognitif saja. Seharusnya Pendidikan Agama Islam lebih mengutamakan kualitas hasil pembelajaran pada suatu praktik atau perubahan sikap pada peserta didik terhadap lingkungan kehidupan seharihari. Peserta didik dibiasakan untuk menerima pembelajaran dengan rasa senang dan selalu aktif dalam setiap proses pembelajaran. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match di SMPN 2 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match di SMPN 2 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung (3) Bagaimana hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match di SMPN 2 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung. Penelitian dengan subyek model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu peneliti wajib hadir di lapangan karena peneliti instrumen kunci (key instrument). Penelitian ini untuk memahami, mengetahui dan menghayati pembelajaran kooperatif tipe make a match melalui pengumpulan data dari latar alami sebagai sumber langsung dengan instrumen kunci peneliti itu sendiri. Peneliti datang langsung ke lokasi penelitian yaitu SMPN 2 Tulungagung dan SMPN 3 Tulngagung untuk melakukan penelitian di lapangan. Peneliti melihat dan mengamati kegiatan model kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran PAI dengan tetap berdasar pada prinsip dan kode etik tertentu yang harus ditaati oleh peneliti. Untuk itu, kehadiran peneliti sangat diperlukan untuk mendapatkan data yang komprehensif. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pemebelajaran kooperatif tipe make a match dapat dituangkan dalam silabus dan dikembangkan dalam RPP yang dibuat sebelum proses pembelajaran, yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Sehingga akan memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan kompetensi dari mata pelajaran PAI, dalam penyusunan perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan mendiskusikan dalam kelompok guru baik dari MGMP maupun MGMPS dengan mempertimbangkan beberapa aspek di antaranya tujuan pembelajaran, penentuan strategi dan metode pembelajaran dan melihat ketersediaan sumber dan bahan serta lingkungan pembelajaran (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dilaksanakan dalam beberapa langkah, yaitu kegiatan pendahuluan dengan sedikit penjelasan materi yang disampaikan, dan membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok Kedua, kegiatan inti yaitu membahas materi pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match, dengan bantuan kartu soal dan LCD. Siswa aktif dalam pembelajaran di kelas, yaitu mengobservasi, mengidentifikasi, pengolahan data, pembuktian data dan jawaban. Tahap ketiga adalah kegiatan penutup, guru memberikan penguatan dengan penjelasan terakhir dan diakhiri do’a bersama dan dilanjut ucapan salam. (3) Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match dinyatakan cukup berhasil, ditunjukkan dengan antusias serta partisipasi peserta didik di dalam pembelajaran sangat baik, serta ditunjukkan dengan laporan penilaian peserta didik dalam pelajaran PAI yang mengalami peningkatan yang lebih baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:20
Last Modified: 28 Apr 2021 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8890

Actions (login required)

View Item View Item