PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

UTRI ROHMAWATI, 1721143409 (2018) PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)

Abstract

ABSTRAK Rohmawati, Utri. 2018. Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Sumber Belajar, Motivasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa masih rendahnya pemanfaatan sumber belajar siswa dan ada anggapan bahwa guru merupakan satu-satunya sumber belajar pada mata pelajaran Fiqh. Hal ini berakibat pada rendahnya motivasi belajar siswa untuk mempelajari Fiqh. Hal ini dikarenakan setiap sumber belajar selalu membawa pesan yang dapat dipergunakan oleh pemakainya. OIeh sebab itu apabila sumber belajar itu dipilih dan digunakan secara tepat maka akan mendapat tiga keuntungan, yaitu : (1) Siswa lebih berminat dalam mengembangkan gagasan; (2) Siswa lebih kreatif dalam mengajukan pertanyaan; (3) Siswa dapat mendemonstrasikan inisiatif dengan menggunakan berbagai macam sumber belajar yang tersedia; (4) Siswa lebih mudah menguasai meteri yang di ajarkan oleh guru. Rumusan Masalah: (1) Adakah pengaruh guru sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?. (2) Adakah pengaruh buku paket sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?. (3) Adakah pengaruh lingkungan sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?. (4) Adakah pengaruh internet sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?. (5) Adakah pengaruh sumber belajar yang paling dominan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan jenis penelitian Asosiatif Kausal. Populasi yang dijadikan sasaran adalah kelas X MAN 1 Tulungagung yang berjumlah 408 siswa, dengan sampel 67 siswa dari kelas X IIS 1 dan X IIK yang diambil dengan teknik sampling, yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan menggunakan Skala Likert dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan guru sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, yaitu sebesar 0,000, Fhitung = 13,731. Memberikan kontribusi pengaruh yang sedang, yaitu R Squere (r2) 41,8%, dan persamaan regresi sederhana, Y = 25, 531 + 0,984X. 2) Ada pengaruh yang signifikan buku paket sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, yaitu sebesar 0,000, Fhitung = 26,863. Memberikan kontribusi pengaruh yang rendah, yaitu R Squere (r2) 29,2%, dan persamaan regresi sederhana, Y = 25, 531 + 0,984X. 3) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, yaitu sebesar 0,000, Fhitung = 51,194. Memberikan kontribusi pengaruh yang sedang, yaitu R Squere (r2) 44,1%, dan persamaan regresi sederhana Y = 21,704 + 1,167X. 4) Ada pengaruh yang signifikan internet sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, yaitu sebesar 0,000, Fhitung = 32,707. Memberikan kontribusi pengaruh yang rendah, yaitu R Squere (r2) 33,5%, dan persamaan regresi sederhana Y = 23,232 + 1,023X. 5) Ada pengaruh sumber belajar yang paling dominan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, yaitu lingkungan dengan R Squere (r2) 44,1%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143409 UTRI ROHMAWATI
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:35
Last Modified: 10 Aug 2018 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8896

Actions (login required)

View Item View Item