Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung

Hidayah, Lailatul (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Prestasi Belajar IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru sehingga siswa menjadi jenuh, siswa terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru, pembelajaran didominasi oleh guru. Sehingga prestasi belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, pada penelitian tindakan kelas ini mencoba untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pelajaran IPA. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memiliki berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat melatih siswa untuk dapat bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain untuk aktif pada siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Diharapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran IPA materi “Pesawat Sederhana” siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar IPA materi “Pesawat Sederhana” siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together Tahun Ajaran 2013/2014 ? Adapun tujuan dari penelitian tersebut, yaitu (1) Mendiskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran IPA pada materi “Pesawat Sederhana” siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA pada materi “Pesawat Sederhana” siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung denganditerapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon siswa, keadaan siswa dan guru. xviii Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe Numbered Head Together (NHT), akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa telah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh guru yaitu pada tes awal nilai rata-rata siswa 50,52 dengan prosentase ketuntasan 11,11%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 65,55 dengan prosentase ketuntasan 48,15% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,44 dengan rosentase ketuntasan 85,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopeartif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 23 Oct 2014 02:24
Last Modified: 23 Oct 2014 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item