PENGARUH KREATIFITAS MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AT THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

NURUL ARIPAH, 1721143324 (2018) PENGARUH KREATIFITAS MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AT THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Nurul Aripah, NIM: 1721143324. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul: “Pengaruh Kreatifitas Mengajar Guru dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA At Thohiriyah Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”. Dosen Pembimbing H. Abdulloh Chakim, M. Pd, NIP. 19730107199803 1 003. Kata kunci : Kreatifitas Guru, Pemanfaatan Perpustakaan dan Prestasi Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang kreatif mempunyai semangat dan motivasi tinggi sehingga bisa menjadi motivator bagi siswanya untuk meningkatkan dan mengembangkan kratifitas siswa, khususnya yang tertuang dalam sebuah bentuk pembelajaran yang inovatif. Artinya selain menjadi seorang pendidik, guru juga harus menjadi seorang kreator yang mampu menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan kondusif bagi anak didik. Perpustakaan sebagai lembaga yang mengelola sumber informasi semestinya menduduki posisi kunci dalam proses pendidikan. Namun, kenyataanya masih jauh dari harapan. Perpustakaan masih belum benar-benar memasyaraat. Hal ini bisa terjadi, misalnya karena rendahnya minat baca dan kurangnya kesadaran bahwa belajar harus mencari sendiri informasi atau jawaban atas persoalan yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh kreatifitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MA At Thohiriyah Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. 2. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MA At Thohiriyah Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. 3. Untuk mengetahui pengaruh kreatifitas mengajar guru dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MA At Thohiriyah Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian ex-postfacto. Sedangkan untuk pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh data kreatifitas mengajar guru, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan prestasi siswa. kemudian untuk analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji prasyarat analisis data (uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas), uji hipotesis (uji regresi linier berganda, uji t, dan uji F). Hasil penelitian: 1) ada pengaruh yang signifikan antara kreatifitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan dengan SPSS 23, tampak nilai thitung = 2,772 > 2,021 = ttabel dan taraf sig = 0,008 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan dengan SPSS 23, tampak nilai thitung = 2,117 > 2,021 = ttabel dan taraf sig = 0,041 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara kreatifitas mengajar guru dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan dengan SPSS 23, tampak nilai Fhitung = 4,921 >3,232 = Ftabel dan taraf sig 0,012 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143324 NURUL ARIPAH
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:04
Last Modified: 13 Aug 2018 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8921

Actions (login required)

View Item View Item