STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA TAMANSISWA MOJOKERTO

DWIKI TAURUSTA, 1721143122 (2018) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA TAMANSISWA MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Tamansiswa Mojokerto”, ini ditulis oleh Dwiki Taurusta dibimbing oleh Hj. Indah Komsiyah, M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh penyelenggaraan lembaga pendidikan antara guru dan siswa terdapat hubungan yang sangat erat terkait dalam pembelajaran siswa. Dengan adanya pengalaman mengajar, kualifikasi guru dan sertifikasi guru, akan tercipta siswa yang Prestasi belajar sesuai dengan harapan dan tujuan pendidikan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berusaha membentuk generasi yang handal, beriman dan bertaqwa berakhlak mulia dan berketrampilan melalui pendidikan umum dan agama serta mayoritas siswanya mendapatkan pendidikan agama dari orang tua, sehingga prestasi belajar kurang, terlihat pada perilaku sehari-hari siswa tidak jarang melakukan tindakan yang menyalahi aturan dan masih ada siswa yang tidak tertib dalam mengikuti kegiatan keagamaan, sehingga strategi guru dalam pembelajaran siswa sangat diperlukan untuk meminimalisir tindak atau akhlak kurang baik yang dilakukan oleh siswa. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana strategi reflektif yang diterapkan guru dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SMA Tamansiswa Mojokerto? 2) Bagaimana strategi ekspositorik yang diterapkan guru dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SMA Tamansiswa Mojokerto? 3) Bagaiamana strategi heuristik yang diterapkan guru dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SMA Tamansiswa Mojokerto? Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Strategi reflektif yang diterapkan guru dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SMA Tamansiswa Mojokerto yang dilakukan dengan jalan: a) guru membawa pengalaman yang berbeda-beda ke dalam pembelajaran, sehingga pengalaman-penalaman yang diperoleh siswa akan membentuk pengetahuan tentang diri siswa, sehingga prestasi belajar baik b) membantu siswa memahami materi berdasarkan pengalaman yang dimiliki sehingga mereka memiliki kemampuan menganalisis pengalaman pribadi dalam menjelaskan materi yang dipelajari, sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat, c) kualitas tugas yang diberikan guru, menuntut pelibatan proses berpikir, serta membutuhkan evaluasi, d) guru mengkondisikan siswa pada lingkungan belajar meliputi fasilitator agenda pelaksanaan, ruang dan waktu pelaksanaan, dengan adanya lingkungan belajar yang mendukung, prestasi belajar siswa akan dapat meningkat dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat terwujudkan dengan baik terkendali. 2) strategi espositorik yang diterapkan guru dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SMA Tamansiswa Mojokerto, dengan jalan: a) menyiapkan segala kesiapan materi, pemahaman karakter siswa dan pengkondisian kelas menjadi alternatif untuk mencapai keberhasilan penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. b) Penekanan materi melalui metode ceramah dan tanya jawab inilah yang bisa begitu mengena dan menarik perhatian siswa. Dengan memberikan suatu perhatian terhadap mereka itu juga yang menumbuhkan atensi yang tinggi dalam pembelajaran dan ini yang bisa menjadi cerminan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, c) memberikan contoh yang baik atau tauladan kepada siswa, metode ini merupakan metode yang paling unggul dan paling jitu dibandingkan metode metode lainya. 3) strategi heuristik yang diterapkan guru dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SMA Tamansiswa Mojokerto dengan jalan penyampaian a) bahan pengajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar mengembangkan potensi intelektualnya dalam jalinan kegiatan yang disusunnya sendiri untuk menemukan sesuatu sebagai jawaban yang meyakinkan terhadap permasalahan yang dihadapkan kepadanya melalui proses pelacakan data dan informasi serta pemikiran yang logis, kritis dan sistematis. b) Pelaksanaannya diawali dengan adanya apresepsi terlebih dahulu dan memberikan arahan akan maksud dari tujuan materi tersebut. Dengan begitu munculnya suatu permasalahan baru yang berfungsi untuk saling tukar-pendapat atau sharing antara siswa dengan siswa atau guru dengan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143122 DWIKI TAURUSTA
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:28
Last Modified: 11 Oct 2018 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8937

Actions (login required)

View Item View Item