PENDEKATAN PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN IBADAH SISWA DI MTs AL- MA’ARIF TULUNGAGUNG

Mochamad Makruf Arifin, 1721143247 (2018) PENDEKATAN PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN IBADAH SISWA DI MTs AL- MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (738kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pendekatan Pembelajaran Guru Fiqih Dalam Peningkatan Pemahaman Ibadah Siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung”. Ini ditulis oleh Mochamad Makruf Arifin, NIM. (1721143247). Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd., NIP. 19810801 200912 1 004. Kata Kunci: Strategi, Metode, Teknik dan Taktik, Fiqih Ibadah Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah keadaan bahwa pengetahuan dan kebiasaan pada siswa siswi terhadap ibadah dalam bidang studi fiqih yang masih belum benar ketika menjalankan praktek dalam kehidupan sehari-hari seperti wudhu, sholat, dan puasa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan metode pengajaran yang berkaitan dengan perencanaan, penerapan, hasil dari pembelajaran fiqih. Fokus Penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? (2) Bagaimana metode pembelajaran guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? (3) Bagaimana teknik dan taktik pembelajaran guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah siswa di MTs AlMa’arif Tulungagung. (2) Untuk mengetahui metode pembelajaran peningkatan pemahaman ibadah siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. (3) Untuk mengetahui teknik dan taktik pembelajaran guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Sumber data utama adalah guru fiqih. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil Penelitian: (1) Guru menerapkan strategi pembelajaran ekspositori dan strategi CTL sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. (2) Guru menerapkan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi, guru jadi lebih kreatif dalam pembelajaran dan siswa mampu memahami tentang materi ibadah dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. (3) Guru menerapkan teknik dan taktik demonstrasi, siswa mampu mempraktekkan ibadah dengan baik dan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143247 Mochamad Makruf Aifin
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:18
Last Modified: 14 Aug 2018 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8939

Actions (login required)

View Item View Item