PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMEMBENTUK AKHLAK MULIA SISWA DI SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR

M. ABDURROHMAN MAZHARUL LABIB, 2811133138 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMEMBENTUK AKHLAK MULIA SISWA DI SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ]r" Abdurrohman Mazharul Labib, NIM. 2glll33l3g,2017, peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa di SMAN I sutojayan Blitar, dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.pd. Kata Kunci: Peran guru PAI, AkhlakMulia Akhlak mulia merupakan salah satu hasil dari upaya memasukkan nilai-nilai agama di dalam aktivitas pendidikan dan pengam alannya dalam kehidupan sehari-hari, karena akhlak adalah sikap yang me-iahirkan perbuatan dan tingkah laku manusia. untuk itulah akhlak menempati posisi yang sangat penting dalam Islam.Namun fenomena atau realita yang terjadi di malyarailat saat iru menunjukkan bangsa Indonesia tengah -menghaaapi kemeiosotan moral yang cukup parah dan menjadi persoa-lan yang cukup serius. Maka pendidikan akhlak menjadi sangat penting untuk dibirikan kepada peserta didik, sebab tidak akan sempurna iman dan Islam ,rr.orurrg bila tanpa drsertai dengan akhlak yang baik. Penelitian ini difokuskan pada peran guru pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak mulia, adapun pertanyaan-pertanyaan p-nehtiannya adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran guru Fendidit<an igu*u Islam :ebagai fasilitator dalam membentuk akhlak mulia siswa di SMAN 1 sutojayan Blitar? (2) Bagaimana peran guru pendidikan Agarna Islam sebagai motivator dalam membentuk akhlak mulia siswa ai snaaN I sutojay-an B[tar? (3) Bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam sebagai educator dalam membentuk akhlak mulia siswa di SMAN 1 SutojayanBlitai? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendaLm, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.penelitianini j"gu melakukanpengecekankeabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaa]r, ketekunan pengamatan, pembahasan teman sejawat serta triangulasi sumber, teknik dan waklu. Hasil penelitian ini yaitu, pertama bahwa peran guru pAI sebagai tasilitator dalam membentuk akhlak mulia siswa di SMAN I Sutojayan Bhlar drrruludkan dengan tindakan guru pAr memberikan kemudaiian atau memberikan pelayanan agar peserta didik memiliki akhak mulia seperti mensadakan kegiatan berdo'a dan mengaji sebelum kegiatan beiajar mengajar, saling menyapa, mengucapkan salam dan berjabat tangan t<epaaa guru maupun sesama sisla, Peringatan Hari Besar Islam, menghafal surat pendek juz 30 untuk kelas Xrl, penerimaan pendaftaran melalui jalur tahfidz minimal 2 jur, rutina1 hadrah setiap Rabu malam dan mengaji htau kuning -tiap hari Sabtu mulai pukul 13.00 wIB - 14.00 wrB. Kidua, p"run g.rri P-{r sebagai motivator dalam membentuk akhlak mulia siswa ol snaaN i sutojayan Blitar diwujudkan dengan tindakan guru pAI mendorong dan mengarahkan siswanya untuk sholat dhuha pada saat jarn istirahat pJrtama "{an sholat dhuhur beqjarnaah pada jam istirahat kedua, memotivasi siswi mtuk mengenakan jilbab sesuai syari'ah, pembinaan melalui ceramah setiap xv setelah sholat Dhuhur oleh guru PAI, pemberian sanksi4rukuman untuk mendisiplikan siswa.'Hasil dari pemberian motivasi ini sudah menunjukkan hasil meskipun belum 10006, misatrnya mayoritas siswi konisisten dalam berhijab yang sesuai syari'ah, murid memiliki kesadaran untuk melaksanakan sholat Dhuha meskipun tidak ada peraturan dan jadwal yang tertulis, waktu sholat Dhuhur prin siswa segera menuju ke masjid tanpa disuruh guru PAI. Ketiga, peran guru PAI sebagai edukator dalam membentuk akhlak mulia siswa di SMAN I Sutojayan Blitar diwujudkan dengan tindakan guru PAI mengajarkan dan mendidik untuk sholat Dhuha dan Dhuhur, menjaga kebersihan lingkungan, mengoptimalkan kegiatan keagamaan pada saat pondok Ramadhan, mengajarkan siswa untuk peduli kepda sesama melalui infak pada hari Jum'at. Sasaran guru PAI dalam mendidik tidaklah hanya aspek kognitif, melainkan juga lebih ditekankan aspek afektif (perilaku/akhlak)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133138 M. ABDURROHMAN MAZHARUL LABIB
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:47
Last Modified: 14 Aug 2018 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item