YUSFI ARINA NUR KARIMA, 1721143424 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (66kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (190kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadist untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Yusfi Arina Nur Karima, NIM 1721143424, dibimbing oleh Drs. H. Muh. Kharis M.Pd Kata kunci : Implementasi Kurikulum 2013, Al-Qur’an Hadits Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pelaksanaan pembelajaran pada sekolah-sekolah yang belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013. Masih banyak sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 akan tetapi dalam pelaksanaannya masih menggunakan KTSP. Pelaksanaan kurikulum 2013 yang cukup rumit baik dalam perencanaan, pelaksanaannya di dalam kelas, dan pada penilaiannya membuat implementasinya di sekolah belum maksimal. Mata pelajaran rumpun PAI yang terlebih dahulu menggunakan kurikulum 2013 tidak menjadikan implementasinya dapat dikatakan maksimal, salah satu lembaga pendidikan di Tulungagung yaitu MTsN 2 Tulungagung yang lokasinya berada di kalidawir. Letak lokasi yang strategis membuat peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian di sana. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran al-Qur’an hadist untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung pada tahap perencanaan. 2) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran al-qur’an hadist untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung pada tahap pelaksanaan. 3) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran al-qur’an hadist untuk meningkatkan prestasi belajar siwa di MTsN 2 Tulungagung pada tahap penilaian. Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran al-qur’an hadist untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung pada tahap perencanaan. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran al-qur’an hadist untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung pada tahap pelaksanaan. 3) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran al-qur’an hadist untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung pada tahap penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang di dalamnya peneliti bertindak sebagai instrument penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif study kasus, dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam, dengan mengabaikan fenomena-fenomena lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawacara mendalam agar peneliti memperoleh data secara mendalam, observasi partisipan pasif dimana peneliti mengamati fenomena yang terjadi dan tidak terlibat langsung dalam kegiatan yang ada dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclision Drawing atau Verifikasi sebagai mana dikemukakan oleh Miles and Hiberman. Hasil penelitian implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Al-qur’an hadits untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung menunjukkan bahwa : 1) Pada tahap perencanaan guru sudah mampu membuat perencanaan pembelajaran dengan baik dalam bentuk RPP yang sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013. 2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, penggunaan pendekatan sanitifik di MTsN 2 Tulungagung belum dapat dilaksanakan secara maksimal. Dalam penggunaan metode pembelajaran metode ceramah masih mendominasi, sedangkan dalam penggunaan media guru jarang menggunakan media namun terkadang menggunakan media visual dan audio visual. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 bisa dilaksanakan secara maksimal hanya pada kelas tertentu, dan sebagian kelas belum maksimal bahkan terkadang masih kembali pada KTSP. 3) Pada tahap penilaian yang dilakukan oleh guru di MTsN 2 Tulungagung pada mata pelajaran al-qur’an hadits sesuai dengan kurikulum 2013 meliputi tiga aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. a) Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi. b) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, dan juga penugasan. c) Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan penilaian proyek atau praktikum.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143424 YUSFI ARINA NUR KARIMA |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 04:08 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8970 |
Actions (login required)
View Item |