SEPTI ZAINUN HAYATI, 1721143368 (2018) KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (842kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (540kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (366kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (433kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (207kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (237kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTsN 6 Blitar” ini ditulis oleh Septi Zainun Hayati , pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci : Kreativitas, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini yaitu masalah lemahnya proses pendidikan. Proses pembelajaran yang ada saat ini hanya mengarah kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi tanpa memahaminya, sehingga anak didik hanya pintar secara teori dan mereka kurang mampu dalam mengaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Guru harus kreatif dalam menggunakan metode dan media pada proses pembelajaran, agar siswa mampu memahami materi yang disampaikan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Kreativitas guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan metode pembelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 6 Blitar? (2) Bagaimana Kreativitas guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan media pembelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 6 Blitar? (3) Bagaimana Kreativitas guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan sumber belajar pembelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 6 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kreativitas guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan metode, media dan sumber belajar dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif yang terdiri dari redusi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Dalam proses pembelajaran guru Akidah Akhlak di MTsN 6 Blitar mengembangkan metode pembelajaran dengan mengkombinasikan beberapa metode ceramah, diskusi, penugasan, tanya jawab, dan problem solving yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kurikulum 2013. (2) Pengembangan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak adalah dengan memanfaatkan media LCD, kartu dan gambar dalam pembelajaran Akidah Akhlak yang sesuai dengan materinya. (3) Pengembangan sumber belajar yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dalam pembelajaran dengan menggunakan buku paket, internet, dan alam yang sesuai dengan materi dan mengembangkan materi dengan menyusun Lembar Kerja Siswa melalui tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kabupaten Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143368 SEPTI ZAINUN HAYATI |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 03:22 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 03:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8976 |
Actions (login required)
View Item |