MENEJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL MUBTADIIN WATULIMO TRENGGALEK

IRVIAN RENGGA GRISPRILLA, 1721143187 (2018) MENEJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL MUBTADIIN WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Irvian Rengga Grisprilla, NIM. 1721143187, pembimbing Dr.Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pendidikan agama Islam di madrasah diniyah bisa mencetak anak berprestasi. Di madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin banyak mencetak santri yang pandai adzan dan qiro’ah. Dalam hal ini peneliti melihat bagaimana tentang manajemen pembelajaran di madrasah diniyah tersebut. Diantara menejemen pembelajarannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan agama Islam di madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Watulimo Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Watulimo Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Watulimo Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Watulimo Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Watulimo Trenggalek, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Watulimo Trenggalek dan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Watulimo Trenggalek. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah ustad pendiri, ustad pengelola, dan santri. Objek penelitian ini adalah manajemen pembelajaran madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Watulimo. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa madrasah diniyah Tarbiyatul Mubtadiin tidak menggunakan RPP akan tetapi melakukan persiapan dan tahap perencanaan seperti identitas yayasan, mata pelajaran, kelas, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi, materi, metode, media, sumber sedangkan dengan pelaksanaannya meliputi: syarat alokasi waktu, buku/ kitab, dan pengelolaan kelas, adapun implikasinya meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup, sedangkan dengan evaluasi menggunakan tes tulis yang dibacakan dengan oleh ustadz untuk mengetahui pemahaman santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143187 IRVIAN RENGGA GRISPRILLA
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:13
Last Modified: 15 Aug 2018 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item