PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMPN 01 SELOPURO, BLITAR

EKA PRATIWI ANASARI, 1721143123 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMPN 01 SELOPURO, BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EKA PRATIWI ANASARI (1721143123). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SMPN 01 Selopuro, Blitar”. Skripsi Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Intstitut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2018. Pembimbing: Drs. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Make A Match, Hasil Belajar. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang ditunjukkan oleh peserta didik yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan belajar sehingga dapat mengaplikasikan dikehidupan sehari-hari. Salah satu yang menjadi faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru didalam kelas saat kegiatan belajar mengajar. Banyak sekali model yang bisa diterapkan oleh guru untuk merangsang siswa supaya lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. salah satu model pembelajaran PAI yang membuat siswa lebih aktif adalah dengan model pembelajaran Make A Match, dimana model pemebelajaran tersebut lebih melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa terkecuali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar kognitif PAI siswa di SMPN 01 Selopuro, Blitar. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar afektif PAI siswa di SMPN 01 Selopuro, Blitar. (3) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar psikomotorik PAI siswa di SMPN 01 Selopuro, Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi exsperimental design (eksperimen semu) dengan pola nonequivalent control group design yang menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperiment VII C dan kelas kontrol VII B. Sampel berjumlah 24 siswa untuk kelas eksperiment yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan 24 siswa untuk kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes ranah kognitif yang berjumlah 15 soal, penilaian afektif, dan penilaian psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif PAI siswa di SMPN 01 Selopuro, Blitar dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.037 pada taraf signifikansi 0.05. (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar afektif PAI siswa di SMPN 01 Selopuro, Blitar dengan nilai (observasi) Sig. (2-tailed) 0.046 dan (penilaian diri) 0.006 pada taraf signifikansi 0.05. (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar afektif PAI siswa di SMPN 01 Selopuro, Blitar dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.033 pada taraf signifikansi 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143123 EKA PRATIWI ANASARI
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:20
Last Modified: 15 Aug 2018 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8986

Actions (login required)

View Item View Item