PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL ARROHMAH KALIBATUR KALIDAWIR TULUNGAGUNG DAN RAUDHATUL ATHFAL PSM KANIGORO KRAS KEDIRI

IRFATUL LAILIYAH, 1726143020 (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL ARROHMAH KALIBATUR KALIDAWIR TULUNGAGUNG DAN RAUDHATUL ATHFAL PSM KANIGORO KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)

Abstract

ABSTRAK Irfatul Lailiyah. NIM. 1726143020. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Fakultas: Tarbiyah. Jurusan: Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Skripsi. Judul: Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir Tulungagung dan Raudhatul Athfal Pesantren Sabilil Muttaqin Kanigoro Kras Kediri. Pembimbing: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Multimedia, Kosakata Bahasa Inggris Latar Belakang: Dalam era komputer ini media pembelajaran untuk anak sudah berbasis multimedia. Artinya bahwa media pembelajaran sudah melalui media digital. Karenanya media pembelajaran di sekolah sudah sangat kompleks sifatnya untuk memberikan bantuan pada anak-anak dalam memahami berbagai kegiatan dalam belajar mengajar. Media pembelajaran yang berbasis multimedia ini selain menyenangkan juga sekaligus memberi kemudahan karena variannya yang sangat beragam. Maknanya bahwa pembelajaran dengan menerapkan multimedia ini akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan media tradisional, karena basis multimedia menawarkan ragam yang relatif sangat banyak dan mudah. Belajar bahasa Ingris memang membutuhkan kemauan keras. Belajar bahasa tidak bisa seperti sulapan, dua tiga bulan langsung mahir. Perlu kesabaran, kesungguhan belajar, dan kesediaan untuk tidak mudah menyerah. Dari penjelasan demikian inilah bahasa Inggris memang perlu dikenalkan sejak dini pada anak agar anak-anak nantinya mudah memahami dalam pembelajaran bahasa Inggris. Permasalahan: 1). Apakah ada perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap kosakata bahasa Inggris anak di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir dan Raudhatul Athfal Pesantren Sabilil Muttaqin Kanigoro Kras Kediri? 2). Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap kosakata bahasa Inggris anak di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir dan Raudhatul Athfal Pesantren Sabilil Muttaqin Kanigoro Kras Kediri?. Tujuan penelitian: untuk mengetahui: 1). Perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap kosakata bahasa Inggris anak di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir dan Raudhatul Athfal Pesantren Sabilil Muttaqin Kanigoro Kras Kediri, 2). Pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap kosakata bahasa Inggris anak di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir dan Raudhatul Athfal Pesantren Sabilil Muttaqin Kanigoro Kras Kediri. Metode penelitian: 1). Jenis Penelitian: Eksperimen. 2). Variabel pene-litian: a. Variabel bebas: O1: Media pembelajaran berbasis multimedia, Variabel terikat: O2: hafalan kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. 3). Subyek penelitian: seluruh anak Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir berjumlah 21 anak dan anak Raudhatul Athfal Pesantren Sabilil Muttaqin berjumlah 21 anak 4). Data dan Sumber Data: a. Sifat data kualitatif dan kuantitatif, b. jenis data: primer dan sekunder. 5). Teknik pengumpulan data: tes, observasi dan dokumentasi. 6). Teknik analisis data: uji t. Hasil penelitian: 1). Ada perbedaan hasil pembelajaran antara kelompok eksperimen yang berbasis multimedia dengan hasil hitungan signifikansi t 0.000< 0.05 dan thitung 5.033> 2.093 di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir dengan pembelajaran konvesional pada kelompok kontrol di Raudhatul Athfal Pesantren Sabilil Muttaqin Kanigoro Kras Kediri terhadap kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. 2). Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap kosakata bahasa Inggris anak dengan hasil hitungan uji t signifikansi t 0.000 < 0.05 dan thitung 5.790 > 2.093 di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir dan Raudhatul Athfal Pesantren Sabilil Muttaqin Kanigoro Kras Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143020 IRFATUL LAILIYAH
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:42
Last Modified: 20 Aug 2018 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item