ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN GENDER

AGUS ALI MASHURI, 1724143006 (2018) ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN GENDER. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (797kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah kurangnya kreativitas siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika. Kurangnya kreativitas ini mengakibatkan siswa tidak bisa optimal dalam menemukan ide untuk memecahkan masalah pada soal. Namun peneliti menemukan sebagian siswa perempuan mampu memperoleh poin pada saat olimpiade lebih baik dari siswa laki-laki. Hal ini menujukkan bahwa kreativitas berhubungan dengan gender. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal olimpiade ditinjau berdasarkan gender. Sehingga diharapkan akan mampu memberikan gambaran secara singkat bagaimana proses berpikir siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun tehnik yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara untuk menggali data. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana kondisi pembelajaran, terutama di kelas yang akan menjadi tempat penelitian sebagai cara menentukan subyek penelitian. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade yang diberikan. Dalam penelitian ini, dipilih 4 siswa sebagai subyek penelitian. 2 siswa mewakili siswa laki-laki berkemampuan tinggi dan 2 siswa mewakili siswa perempuan berkemampuan tinggi. Adapun pemilihan subyek penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan juga pertimbangan guru matematika yang mengajar siswa-siswa tersebut. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: 1) siswa laki-laki pada aspek fluency (kefasihan) sudah memenuhi indikator yang ada, namun untuk flexibility (kefasihan) dan originality (kebaruan) masih belum dapat dicapai dengan baik. 2) hasil analisis jawaban tes soal olimpiade dan wawancara dengan siswa perempuan menunjukkan bahwa dalam aspek fluency (kefasihan), flexibility (fleksibilitas), dan originality (kebaruan) siswa perempuan mampu memenuhi ketiga indikator ini dengan baik. Sehingga dalam mengerjakan soal olimpiade, proses berpikir siswa perempuan lebih baik dibandingkan laki-laki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd. 1724143006 AGUS ALI MASHURI
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:56
Last Modified: 16 Aug 2018 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8998

Actions (login required)

View Item View Item