Pengaruh Belajar Mengajar Tajwid Terhadap Kualitas Membaca Al-Qur'an Di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung

Mutaqiyah, Niswatul (2010) Pengaruh Belajar Mengajar Tajwid Terhadap Kualitas Membaca Al-Qur'an Di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK Tajwid.rtf

Download (54kB)
[img] Text
BAB I Kegiatan Belajar Mengajar Tajwid 2.rtf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I Kegiatan Belajar Mengajar Tajwid.rtf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II Pengaruh Belajar Mengajar Tajwid.rtf

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (65kB)
[img] Text
BAB VI.Pengaruh Belajar Tajwid.doc

Download (356kB)
[img] Text
BAB 4.Pengaruh Belajar Tajwid.doc

Download (374kB)
[img] Text
BAB 4.MADIN ###.docx

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (33kB)
[img] Text
Cover Tajwid.doc

Download (185kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Belajar Mengajar, Tajwid Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran tajwid yang terjadi di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum kurang berjalan dengan baik, dalam arti tidak bisa meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana gambaran secara umum tentang belajar mengajar makharijul huruf, hukum dan bacaan tajwid dan kualitas membaca al-Qur'an di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara belajar mengajar makharijul huruf terhadap kualitas membaca al-Qur'an di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian, penelitian ini berpola kuantitatif pendidikan, populasinya adalah seluruh santri Madin yaitu 70 santri, sampelnya adalah 56 siswa dan samplingnya adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, interview dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian: Secara umum dapat dikatakan bahwa belajar mengajar tajwid yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum sudah cukup baik yang meliputi makharijul huruf dan hukum serta bacaan tajwid. Namun, kedua bentuk pembelajaran tersebut kurang mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas membaca al-Qur’an santri di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara belajar mengajar makharijul huruf terhadap kualitas membaca al-Qur’an santri di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh signifikansi t sebesar 0.992. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa signifikansi t > α (0.992 > 0.05) dan thitung < ttabel (0.010 > 4.300). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara belajar mengajar hukum dan bacaan tajwid terhadap kualitas membaca al-Qur’an santri di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh signifikansi t sebesar 0.953. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa signifikansi t > α (0953 > 0.05) dan thitung < ttabel (-0.059 < 4.300).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 06:12
Last Modified: 28 Jan 2015 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item