RUFAIDATUN NISFU LAILI, 1742143250 (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) PT ARMINAREKA PERDANA TULUNGAGUNG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PASCA PENERAPAN SISTEM MULTI LEVEL MARKETING MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (849kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) PT Arminareka Perdana Tulungagung Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pasca Penerapan Sistem Multi Level Marketing Menurut Perspektif Ekonomi Islam” ini ditulis oleh Rufaidatun Nisfu Laili, NIM. 1742143250, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung dibimbing oleh Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi karena adanya perubahan sistem pemasaran pada strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Arminareka Perdana Tulungagung untuk memenuhi kebijakan Kemenag yang melarang pelaksanaan sistem pemasaran berjenjang pada travel umroh dan haji melalui Undang Undang Perdagangan Nomor 7 Tahun 2014. Serta tinjauan penerapan pelaksanaan perubahan sistem pemasaran tersebut berdasarkan ekonomi Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) PT Arminareka Perdana Tulungagung dalam menghadapi persaingan usaha pasca penerapan sistem multi level marketing?, (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan strategi pemasaran kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) PT Arminareka Perdana Tulungagung dalam menghadapi persaingan usaha pasca penerapan sistem multi level marketing?, dan (3) Bagaimana penerapan strategi pemasaran kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) PT Arminareka Perdana Tulungagung dalam menghadapi persaingan usaha pasca penerapan sistem multi level marketing menurut pandangan ekonomi Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskriptifkan terkait strategi pemasaran yang dijalankan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) PT Arminareka Perdana Tulungagung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data primer dan sekunder, dimana data primer diperoleh dari wawancara serta dokumentasi sedangkan data primer diperoleh dari buku-buku referensi. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran yang dilakukan KBIH PT Arminareka Perdana Tulungagung dalam menghadapi persaingan usaha pasca dihapuskannya penerapan sistem multi level marketing adalah dengan mengganti tersebut dengan menggunakan sistem referal. Adapun faktor yang mendukung penerapan strategi tersebut berasal dari fasilitas-fasilitas pelayanan purna jual yang diberikan oleh PT Arminareka Perdana pusat. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari adanya rasa khawatir dalam diri jamaah terhadap perubahan sistem yang baru serta kurangnya sosialisasi yang menyeluruh tentang strategi pemasaran kepada jamaah. Serta PT Arminareka Perdana Tulungagung memegang teguh prinsip-prinsip pemasaran Islam yakni prinsip kejujuran, amanah, adil, dan tidak curang kepada jamaahnya. Kata kunci : Strategi pemasaran, sistem multi level marketing, sistem referal, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), PT Arminareka Perdana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 1742143250 RUFAIDATUN NISFU LAILI |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 03:37 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9066 |
Actions (login required)
View Item |