PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI WAHID HASYIM BAKUNG KECAMATAN UDANAWU KABUPATEN BLITAR

ANGGI BADRIATUZ ZAHROH, 1725143318 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI WAHID HASYIM BAKUNG KECAMATAN UDANAWU KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Bercerita dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Anggi Badriatuz Zahroh, NIM. 1725143318, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Mind Mapping, Bercerita, Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini adalah diperlukannya metode pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan potensi siswa dalam pembelajaran dan metode pembelajaran mind mapping adalah metode yang tepat untuk pencapaian kemamuan bercerita dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: sebagai berikut : (1)Apakah ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan bercerita siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?, (2) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?, (3) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan bercerita dan hasil belajar siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan bercerita siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (2) Mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (3) Mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan bercerita dan hasil belajar siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) karena peneliti memberikan perlakuan eksperimental terhadap sebagian kelompok (kelas eksperimen) dan tidak diberikan perlakuan pada kelompok lain (kelas kontrol). Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Pahlawanku. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Wawancara digunakan untuk melengkapi hal-hal yang berhubungan dengan peneliti, seperti mengetauhi pencapean materi kelas, sistem pembelajaran yang sering digunakan. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan, nilai UTS serta dokumentasi madrasah. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan bercerita siswa MI Wahid Hasyim yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim yang digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik analisa penelitian ini adalah menggunakan analisis uji independent sample t-test dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Dari data yang diambil besar pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan bercerita dan hasil belajar siswa diperoleh : (1) Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan bercerita siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai Sig.(2- tailed) sebesar 0,025. Nilai Sig.(2-tailed) 0,025 < 0,05 maka

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143318 ANGGI BADRIATUZ ZAHROH
Date Deposited: 06 Sep 2018 07:37
Last Modified: 06 Sep 2018 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9067

Actions (login required)

View Item View Item