PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PEMBELAJARAN BERSIKLUS 5-E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) PADA MATERI FUNGSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK

Devi Maria Agista Anggraini, 1724143070 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PEMBELAJARAN BERSIKLUS 5-E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) PADA MATERI FUNGSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar rujukan.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pembelajaran Bersiklus 5-E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) pada Materi Fungsi Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X-SMK” ini ditulis oleh Devi Maria Agista Anggraini, NIM. 1724143070, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci :Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Pembelajaran Bersiklus 5-E, Fungsi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peserta didik yang kurang memahami konsep dasar dari materi yang disampaikan oleh pendidik. Hal ini berpengaruh pada kemampuan peserta didik dalam menemukan konsep baru dalam materi tertentu. Berdasarkan hal ini, peneliti mengembangkan sebuah bahan ajar dengan pendekatan pembelajaran bersiklus dengan 5 fase yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation. Melalui pendekatan ini, peserta didik akan diajak memahami materi secara sistematis sesuai dengan fase yang diberikan tanpa mengurangi kapasitas peserta didik dalam mengembangkan kreativitasnya dalam memecahkan masalah yang disajikan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kevalidan produk lembar kerja siswa berbasis pembelajaran bersiklus (5E) pada materi fungsi untuk siswa kelas X-SMK? (2) Bagaimanakah kepraktisan lembar kerja siswa berbasis pembelajaran bersiklus (5E) pada materi fungsi untuk siswa kelas X-SMK? (3) Bagaimanakah keefektifan penggunaan lembar kerja siswa berbasis pembelajaran bersiklus (5E) terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X-SMK?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan produk bahan ajar serupa lembar kerja siswa matematika berbasis pembelajaran bersiklus 5-E (engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation) serta mengetahui pengaruh penerapannya terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur yang digunakan menurut Borg dan Gall dengan melalui beberapa tahap yaitu: (1) tahap penelitian dan pengumpulan data, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan draf produk, (4) tahap uji coba lapangan awal, (5) tahap merevisi hasil uji coba, (6) tahap uji coba lapangan, (7) tahap penyempurnaan produk hasi uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbasis pembelajaran bersiklus 5-E (engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation) pada materi Fungsi sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas X-SMK yang dikembangkan cukup valid atau praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan presentase total 70,48%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa diperoleh signifikansi 0,010, nilai ini lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansinya 0,05. Dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diterapkan menggunakan lembar kerja siswa berbasis pembelajaran bersiklus 5-E dengan kelas yang tidak diterapkan dengan lembar kerja siswa tersebut. Sehingga ada pengaruh penerapan lembar kerja siswa berbasis pembelajaran bersiklus 5-E terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143070 Devi Maria Agista Anggraini
Date Deposited: 09 Oct 2018 02:10
Last Modified: 09 Oct 2018 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9072

Actions (login required)

View Item View Item