ENDRY EMILYA WATI, 1725143081 (2018) STUDI PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBUATAN MEDIA BELAJAR BERBASIS KOLASE PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (618kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (456kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (489kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (335kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Studi Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Pembuatan Media Belajar Berbasis Kolase pada Mata Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Endry Emilya Wati, NIM. 1725143081, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Tahun 2018, pembimbing Dr. Achmad Nurcholis, M. Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Kolase, Media Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kreativitas anak dalam melakukan kegiatan apa saja di dalam kegiatan pembelajaran. Apabila hal ini kurang dikembangkan anak-anak menjadi tidak mandiri dan menjadi kurang percaya diri dalam lingkungan sosialnya. Setiap anak mampu mencapai tahap perkembangan kreatif yang optimal asal mendapatkan stimulasi tepat dan melalui kegiatan-kegiatan yang meningkatkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam pembuatan media belajar berbasis kolase pada mata pelajaran tematik di MIN 6 Tulungagung. Dengan rumusan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan peningkatan kreativitas siswa dalam pembuatan media belajar berbasis kolase pada mata pelajaran tematik di MIN 6 Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan peningkatan kreativitas siswa dalam pembuatan media belajar berbasis kolase pada mata pelajaran tematik di MIN 6 Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi peningkatan kreativitas siswa dalam pembuatan media belajar berbasis kolase pada mata pelajaran tematik di MIN 6 Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penilitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kemudian verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data yang artinya membandingkan data hasil pengamatan wawancara serta isi dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Perencanaan peningkatan kreativitas siswa dalam pembuatan media belajar berbasis kolase pada mata pelajaran tematik meliputi, merencanakan bentuk kolase, memilih alat dan bahan membuat media kolase, melihat kreativitas anak melalui strategi 4P. 2) Pelaksanaan peningkatan kreativitas siswa dalam pembuatan media belajar berbasis kolase pada mata pelajaran tematik melalui tiga tahapan. 3) Evaluasi peningkatan kreativitas siswa dalam pembuatan media belajar berbasis kolase pada mata pelajaran tematik menggunakan tes kreativitas, indikator kreativitas, dan melihat perubahan individu melalui tahapan proses kreatif. Semoga penelitian yang berjudul studi peningkatan kreativitas siswa dalam pembuatan media belajar berbasis kolase pada mata pelajaran tematik ini dapat dijadikan sebagai informasi dan khazanah ilmu pengetahuan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143081 ENDRY EMILYA WATI |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 07:17 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 07:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9112 |
Actions (login required)
View Item |