PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG

EVA SEPTIANI, 1725143088 (2018) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (584kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (593kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an siswa MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Eva Septiani, NIM. 1725143088, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MIN 4 Tulungagung. (2) Menjelaskan faktorfaktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis case study. Lokasi penelitiannya di MIN 4 Tulungagung dengan subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, dokumentasi dan wawancara. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Dalam peran guru yang sudah diterapkan yaitu guru sebagai educator, guru sebagai motivator dan guru sebagai tauladan dalam melaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi sudah sistematis dan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ditetapkan. Metode penyampaian yang digunakan adalah metode Klasikal Baca Simak, metode penyampaian ini mempunyai kelebihan dalam penyampaian materi. Kelebihan tersebut terletak pada realisasi untuk mewujudkan peningkatan kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Pertama, guru yang bermutu, artinya untuk menjadi guru Qur’an harus memenuhi standart dalam mengajar. Kedua, memeliki sarana pembelajaran yang memadai, hal tersebut sangat berpengaruh pada peran guru untuk memudahkan dalam mengajar. Ketiga dukungan orang tua, orang tua yang terampil dan aktif mengajarkan kembali pelajaran Qur’an di sekolah juga membantu peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143088 EVA SEPTIANI
Date Deposited: 24 Aug 2018 07:12
Last Modified: 24 Aug 2018 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9119

Actions (login required)

View Item View Item