Strategi Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anti Korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung

Hamidatul Ulfa ambami, 1725143111 (2018) Strategi Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anti Korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (850kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (419kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (201kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anti Korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Hamidatul Ulfa Ambami, NIM. 1725143111, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Tahun 2018, pembimbing Drs. H. Jani, MM, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Karakter Anti Korupsi Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh minimnya sikap anti korupsi pada diri peserta didik. Tumbuhnya mental korupsi (perilaku koruptif) yang mulai berkembang pada usia sekolah dasar, baik yang berkaitan dengan korupsi waktu, kepercayaan, maupun perilaku-perilaku koruptif lainnya. Terdapat beberapa sikap peserta didik yang menunjukkan adanya perilaku koruptif, seperti sikap tidak jujur saat ujian (menyontek), bolos atau sering tidak masuk kelas, terlambat masuk sekolah, alasan tidak mengerjakan tugas, melanggar peraturan sekolah, dan sebagainya. Dari permasalahan tersebut, apabila tertanam sejak dini akan tumbuh generasi bangsa dengan mental korupsi yang dapat memberikan dampak negatif bagi perkembangan emosional maupun psikologis peserta didik kedepannya. Dalam hal ini peneliti tertarik dengan strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan pendidikan anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung? 2) Bagaimana faktor pendukung dalam menanamkan pendidikan karakter anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung? 3) Bagaimana hambatan dalam menanamkan pendidikan karakter anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menjelaskan strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. 2) Menjelaskan faktor pendukung dalam menanamkan pendidikan karakter anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. 3) Menjelaskan hambatan dalam menanamkan pendidikan karakter anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kemudian verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data artinya membandingkan dan mengcrosscheck data hasil pengamatan, wawancara serta isi dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung meliputi mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi kedalam beberapa mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan tata tertib madrasah, keteladanan dari guru, mengajak siswa untuk aktif dalam menjalankan aktivitas bersama, dan membudayakan nilai-nilai anti korupsi pada seluruh aktivitas dan suasana di madrasah. 2) Faktor pendukung dalam menanamkan pendidikan karakter anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung antara lain lingkungan keluarga yang mendukung; lingkungan sosial atau pergaulan yang baik; kurikulum pendidikan yang mendukung; lingkungan sekolah yang kondusif; serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 3) Hambatan dalam menanamkan pendidikan karakter anti korupsi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagungantara lain minimnya kesadaran diri siswa; latarbelakang atau kondisi keluarga yang kurang mendukung; lingkungan sosial atau pergaulan yang kurang baik; kurangnya kemampuan guru dalam menyisipkan nilai-nilai anti korupsi; keterbatasan sarana dan prasarana sekolah; kurangnya literatur atau sumber belajar tentang pendidikan anti korupsi; serta penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 1725143111 Hamidatul Ulfa Ambami
Date Deposited: 13 Sep 2018 01:24
Last Modified: 13 Sep 2018 01:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9172

Actions (login required)

View Item View Item