PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar)

NUR YANAH, 17501164020 (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yanah, Nur, 2018. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam meningkatkan Mutu Pendidikan” (Studi Multi kasusu di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing (1) Dr. H. Muwahid Sulhan, M.Ag dan (2) Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd Kata Kunci: Manajer, Mutu Pendidikan Kepala sekolah sebagai manajer memiliki tanggung jawab terhadap segala hal yang ada di sekolah termasuk dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap mutu pendidkan adalah kepala sekolah sebagai manajer pendidikan. Kepala sekolah merupakan pimpinan tunggal di sekolah yang mempunyai tanggung jawab untuk mengajar dan mempengaruhi semua pihak yang terlihat dalam kegiatan pendidikan di sekolah untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan sekolah. Untuk memaksimalkan peran kepala sekolah sebagai manajer yang mampu meningkatkan mutu pendidikan di lembaganya, kepala sekolah harus mempunyai strategi khusus dalam melaksanakan perencanaannya yaitu yang pertama adalah perbaikan secara terus-menerus (continuous improvement). Menjadi seorang manajer memang memiliki kewajiban untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan terhadap apa yang telah diprogamkan bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar. Adapun pertanyaan penelitiannya sebagai berikut: : (1) Bagaimana Mengelola Sumber Daya Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar ? (2) Bagaimana Mengelola Pelaksanaan Progam Kerja Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar ?(3) Bagaimana Mengelola Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar? (4) Bagaimana Mengelola Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar? Berdasarkan hasil penelitian pada situs I di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar maka hasil penelitian lintas situs adalah (1) kepala sekolah mengelola sumber daya manusia untuk pendidik dan tenaga kependidikan adalah mengadakan dan mengirimkan pendidik mengikuti workshop, diklat, seminar, pelatihan KTI, MGMP, mengadakan kelas khusus dengan perusahaan atau industri, melakukan pemantauan setiap kinerja pendidik, melakukan pemantauan setiap kinerja pendidik melalui supervisi. evaluasi terhadap kinerja pendidik. melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi. Untuk sisswa adalah Mengadakan berbagai ekstra kurikuler, mengadakan diklat, menyisipkan nilai-nilai agama dan moral pada setiap pelajaran, bimbingan kerja, mengikutkan siswa di berbagai perlombaan, mengadakan bimbingan kerja. Kemudian untuk sumber daya non manusia adalah melakukan perencanaan pengadaan sarana dan prasarana, memantau penggunaan sarana dan prasarana selama digunakan, dan menganggarkan biaya untuk perawatan dan perbaikan jika ada sarana dan prasarana rusak. (2) kepala sekolah mengelola pelaksanaan progam kerja adalah Kepala sekolah mengelola progam kerja yang pertama dilakukan adalah Setiap awal tahun kepala sekolah mengundang semua warga sekolah bersama-sama menyusun progam kerja sekolah yang didalamnya berisi tentang langkahlangkah yang harus dilakukan selamajangka yang telah disepakati bersama, Kepala sekolah memantau pelaksanaan progam kerja, Kepala sekolah mensupervisi pelaksanaan progam kerja, Kepala sekolah mengevaluasi pelaksanaan progam kerja , Kepala sekolah mengambil tindakan progam apa yang harus dibenahi, dikurangi, dan diperbaiki untuk menyusun progam kerja selanjutnya. (3) kepala sekolah mengelola kurikulum adalah melakukan pengembangan kurikulum, melakukan supervisi kurikulum yang sudah berjalan, dan mengambil tindak lanjut dari hasil kurikulum sebagai sarana perbaikan. Untuk pembejaran kepala sekolah melakukan supervisi proses pembelajaran, evaluasi proses pembelajaran, dan tindak lanjut terhadap proses pembelajaran sebagai perbaikan jika ada proses pembelajaran yang kurang sesuai. (4) kepala sekolah mengelola dapodik dan emis adalah pengadaan kedua aplikasi tersebut, pemantauan pengerjaan kedua aplikasi tersebut, tertib pengerjaan kedua aplikasi tersebut, dan melakukan tindak lanjut terhadap pengerjaan kedua aplikasi tersebut. dan unt E-learning, kepala sekolah memfasilitasi E-learning, supervisi penggunaan E-Learning, evaluasi penggunaan E-Learning, dan mengambil tindak lanjut penggunaan E-Leraning sebagai perbaikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501164020 NUR YANAH
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:03
Last Modified: 06 Sep 2019 01:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9222

Actions (login required)

View Item View Item