IDA ROHANA, 1725143120 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI PLUS WATESKROYO BESUKI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (63kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ida Rohana, 1725143120, Strategi Guru dalam Memberi Motivasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar di MI Plus Wateskroyo Besuki Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibitidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri IAIN Tulungagung, pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi, Minat Belajar Penelitan ini dilatar belakangi oleh pentingnya minat belajar pada peserta didik. Minat belajar peserta didik tersebut dapat dipengaruhi oleh motivasi, baik yang berasal dari dalam (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik) individu. Sehingga, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui apa saja motivasi yang diberikan kepada peserta didik agar mempunyai minat untuk belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana strategi guru dalam memberi motivasi untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik di MI Plus Wateskroyo Besuki Tulungagung?, (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru dalam memberi motivasi untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik di MI Plus Wateskroyo Besuki Tulungagung?, (3) bagaiamana implikasi dari strategi guru dalam memberi motivasi untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik di MI Plus Wateskroyo Besuki Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi guru dalam memberi motivasi untuk menumbuhkan minat belajar di MI Plus Wateskroyo Besuki Tulungagung, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru dalam memberi motivasi untuk menumbuhkan minat belajar di MI Plus Wateskroyo Besuki Tulungagung, (3) mendeskripsikan implikasi dari strategi guru dalam memberi motivasi untuk menumbuhkan minat belajar di MI Plus Wateskroyo Besuki Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, karena penelitian diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna dan memperoleh pemahaman dari sebuah kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu (1) desain perencanaan guru dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik dapat dilakukan dengan cara menggunakan metode belajar yang bervariasi, memberikan pujian, penghargaan, teguran, nasihat, hukuman, pemberian tugas, menceritakan manfaat dari suatu hal, bimbingan konseling, dan suri tauladan baik dari guru. (2) Faktor pendukung yang dialami selama pemberian motivasi antara lain: (a) motivasi internal dari peserta didik, (b) guru yang berkompeten, (b) terpenuhinya kriteria kompetensi guru, dan (c) dukungan dari kepala sekolah, orang tua dan teman sebaya. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pemberian motivasi untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik antara lain: (a) kurangnya lengkapnya sarana pra sarana, (b) tingkat kecerdasan peserta didik yang berbedabeda, (c) perbedaan gaya belajar peserta didik, (d) dan lingkungan belajar yang kurang mendukung. (3) Implikasi dari strategi guru dalam memberi motivasi untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik antara lain: (a) antusiasme peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, (b) disiplin, seperti tidak menunda dala mengerjakan tugas, mengumpulkan tugas tepat waktu dan datang tepat waktu. (c) peserta didik lebih fokus dan kondusif pada saat pembelajaran, (d) peningkatan prestasi baik akademik seperti meningkatnya nilai ulangan harian, semester dan ujian nasional, maupun non akademik seperti prestasi yang diperoleh pada ekstra kulikuler sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143120 IDA ROHANA |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 06:57 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9223 |
Actions (login required)
View Item |