PERAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI MTsN 4 BLITAR

NUR FATHIMAH FAMILY, 1721143316 (2018) PERAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI MTsN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di MTsN 4 Blitar” ini di tulis oleh Nur Fathimah Family, Nomor Induk Mahasiswa: 1721143316, di Bimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Guru, Efektifitas Pembelajaran. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh pentingnya peran guru Al-Qur’an dan Hadits dalam menciptakan karakter peserta didik yang berjiwa Qur’ani dengan memahami serta memiliki kemampuan yang baik dalam membaca Al-Qur’an dan Hadits. Ketertarikan peneliti diawali dengan melihat fenomena yang ada bahwa mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang sedikit mendapat tempat sebagai mata pelajaran yang diminati oleh peserta didik zaman sekarang dengan anggapan bahwa mata pelajaran PAI tidak menarik dan lain sebagianya, dari situ peneliti memfokuskan dalam tiga fokus masalah. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana peran guru dalam memotivasi siswa pada proses belajar mengajar di MTsN 4 Blitar ?. (2) Bagaimana peran guru dalam mengelola program pembelajaran pada proses belajar mengajar di MTsN 4 Blitar ?. (3) Bagaimana peran guru dalam melaksanakan penilaian di MTsN 4 Blitar ? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui peran guru dalam memberi motivasi siswa pada proses belajar mengajar di MTsN 4 Blitar. (2) Untuk mengetahui peran guru dalam mengelola program pembelajaran pada proses belajar mengajar di MTsN 4 Blitar. (3) Untuk mengetahui peran guru dalam melaksanakan penilaian di MTsN 4 Blitar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi di MTsN 4 Blitar, mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang di gali berdasarkan dua sumber: (1) data primer dan (2) data sekunder kemudian untuk tehnik yang di gunakan dalam pengumpulan data yaitu : (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Kemudian menggunakan Teknik analisa data dengan (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Verification/ Penarikan Kesimpulan. Juga menggunakan tehnik pengecekan keabsahan data : (1) Triangulasi Sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh. (2) Triangulasi Metode dengan keterpercayaan (Credibility). Hasil dari penelitian tersebut di temukan beberapa peran guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar sebagai berikut: (1) Dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits berperan sebagai pendorong (motivator) sebagai berikut : Guru Al-Qur’an Hadits menggunakan metode yang berubah-ubah sampai menemukan metode yang paling sesuai untuk digunakan, motivasi juga diberikan oleh pihak sekolah dengan diciptakannya muatan lokal SKUA. (2) Dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits berperan sebagai pengelola program pembelajaran (organisator) sebagai berikut : Guru Al-Qur’an Hadits melakukan pembuatan perencanaan (RPP) yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Guru Al-Qur’an Hadits menciptakan suasana kelas yang serius dapat meningkatkan fokus siswa terhadap penjelasan guru ketika fokus siswa mulai turun saat pembelajaran. 3) Dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits berperan sebagai penilai hasil belajar (evaluator) sebagai berikut : Guru Al-Qur’an Hadits melakukan penilaian dalam aspek sikap (afektif) dengan menggunakan catatan pribadi, Guru Al-Qur’an Hadits melakukan penilaian menggunakan ujian dua sesi dengan peserta didik dalam satu kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama melakukan ujian di dalam kelas selama 20-25 menit sementara kelompok 2 menunggu melakukan ujian selanjutnya diluar kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143316 NUR FATHIMAH FAMILY
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:44
Last Modified: 03 Sep 2018 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9239

Actions (login required)

View Item View Item