DINNIA AINUL FARAH, 1742143069 (2018) ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGY COMPETITIVE ADVANTAGE PADA PUSAT SOUVENIR (STUDI KASUS CV NABATA SOUVENIR, DESA KENDALREJO, KECAMATA TALUN, KABUPATEN BLITAR). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategy Competitive Advantage Pada Pusat Souvenir (Studi Kasus CV Nabata Souvenir, Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun Kabupaten Blitar) ” ini ditulis oleh Dinnia Ainul Farah, NIM. 1742143069 dengan dibimbing oleh Rokhmat Subagiyo. M. E. I CV Nabata Souvenir adalah perusahaan atau pabrik yang bergerak dalam bidang pembuatan dan penyediaan souvenir. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Analasis SWOT Dalam Penentuan Strategi Bersaing Pada CV Nabata Souvenir Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner yang dilakukan terhadap pihakpihak terkait dalam perusahaan. Teknik analisis data menggunakan konsep Fredd, R. David yaitu melalui tiga tahap perumusan strategis yaitu tahap pemasukan, tahap pencocokan, dan tahap pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan data kuantitatif untuk menentukan faktor-faktor penentu strategi bersaing perusahaan pertiap tahapnya. Pada tahap pemasukan penganalisisan menggunakan matrik IFE, dan matrik EFE. Pada tahap selanjutnya yaitu tahap pencocokan dianalisis menggunakan matrik IE, matrik Grand Strategy, dan matrik SWOT. Dan pada tahap terakhir pengambilan keputusan menggunakan matrik QSPM. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pemasukan nilai hasil dari matrik IFE sebesar 3,244 dan matrik EFE sebesar 3,476. Selanjutnya pada tahap pencocokan diketahui CV Nabata Souvenir berada pada posisi sel 1, masuk pada strategi pertumbuhan. Strategi yang cocok adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk) atau integrasi (integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal) bisa menjadi yang paling tepat bagi divisi-divisi ini. Selanjutnya pada matrik grand strategy posisi CV Nabata Souvenir berada pada kuadran 1 dan strategi yang cocok adalah strategi penetrasi pasar, dan pengembangan pasar. dan strategi yang dihasilkan adalah strategi SO yang dirumuskan pada matrik SWOT. Dan pada tahap terakhir, tahap pengambilan keputusan, dari hasil matrik QSPM diperoleh alternatif strategi keunggulan bersaing CV Nabata Souvenir adalah strategi penetrasi pasar. dengan Total Nilai Daya Tarik (TAS) sebesar 6,409. Kata Kunci: Strategi Keunggulan Bersaing, Analisis SWOT
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 1742143069 DINNIA AINUL FARAH |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 06:30 |
Last Modified: | 04 Sep 2018 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9249 |
Actions (login required)
View Item |