Efendi, Risna (2012) Upaya Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Kepribadia Siswa Di MI Darul Ulum Kates Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
Cover.docx Download (114kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1.docx Download (62kB) |
|
Text
PENDI _BAB II.doc Download (154kB) |
|
Text
PENDI_BAB I.doc Download (73kB) |
|
Text
pendi_BAB III.doc Download (57kB) |
|
Text
pendi_BAB IV.doc Download (178kB) |
|
Text
pendi_BAB V.doc Download (30kB) |
|
Text
pendi_DAFTAR RUJUKAN.doc Download (28kB) |
Abstract
Kata Kunci : Guru dan pembinaan kepribadian. Latar Belakang Masalah : sebuah fenomena pendidikan pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman yang lebih berat dimana ketika seorang anak masuk di sekolah dasar dalam jiwanya terdapat kepribadian yang dia bawa dari keluarga dan juga guru waktu di taman kanak-kanak. Jika didikan anak kurang serasi di karenakan kondisi ekonomi keluarga, kurang kesadaran orang tua. dan juga pengaruh lingkungan akan mempengaruhi kepribadian mereka. maka peran dari guru ini sangat penting dalam melakukan pembinaan tersebut, di MI Darul Ulum Kates para guru berupaya semaksimal mungkin untuk dapat membina kepribadian kepada siswanya Sehingga kader-kader Islam diharapkan di masa depan memiliki kepribadian yang mulia. Fokus Masalah : (1) Bagaimana upaya guru agama islam dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Kates Rejotangan Tulungagung. (2) Bagaimana proses guru agama islam dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Kates Rejotangan Tulungagung. (3) Apa faktor pendukung dan penghambat guru agama dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Kates Rejotangan Tulungagung. Tujuan Penelitian : (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru agama islam dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Kates Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana proses guru agama islam dalam pembinaan kepribadiaan siswa di MI Darul Ulum Kates Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mengetahui apa yang menjadi pendukung dan pengambat dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Kates Rejotangan Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan pada umumnya, untuk bahan referensi dalam rangka upaya pembinaan kepribadian siswa, sebagai sumbangan pemikiran baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Metode Penelitian : Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara induktif dan deduktif. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: Hasil Penelitian :1). Upaya guru agama islam dalam pembinaan kepribadian siswa di MI Darul Ulum Kates Rejotangan Tulungagung meliputi: Melalui pengajaran yaitu mengedepankan tentang pengajaran pendidikan agama islam jadi setiap pelajaran itu di beri nilai-nila agama, metode dan cara guru dalam mengajar mempengarihi dalam pembinaan kepribadian siswa. (2).Melalui bimbingan yaitu: merupakan suatu bentuk bantuan yang di berikan kepada siswa supaya mereka dapat mengembangkan kemampuan seoptimal mungkin dan membantu sisiwa agar memahami dirinya, menerima dirinya dan merealiasikan dirinya.ini dilakukan untuk mengontrol agar siswa itu lebih terarah menjalani kehidupannya.(3).Melalui pembiasaan yaitu: dengan melakukan kegiatan-kegiatan rutin sehingga memunculkan keihlasan dalam dirinya ketika melakukan segala tindakan yang baik.(4).Melalui hukuman ini adalah: tindakan guru untuk mencegah kenakalan siswa dengan melakukan sedikit tindakan fisik ini dilakukan bukan semata benci ataupun tidak suka dengan siswa, menghukum itu agar mendidik siswa untuk berubah menjadi siswa yang memiliki kepribadian yang baik. 2). Proses yang dilakukan oleh guru agama islam dalam pembinaan kepribadian Siswa di MI Darul Ulum kates yaitu: Suatu kegiatan perencanaan merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sebagai antisipasi terhadap pertimbangan yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran. Kaitannya dengan hal yang diteliti dalam penelitian ini, agar supaya guru mampu memahami kurikulum, menguasai bahan pengajaran dan menyusun program pengajaran. 3).Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pembinaan Kepribadian Siswa di MI Darul Ulum Kates yaitu; Adapun faktor pendukung yang di hadapi tersebut adalah adanya sarana dan prasarana yang mendukung, adanya ektrakulikuler yang mendukung perkembangan jiwa sosial siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah kurang adanya kesadaran anak didik dan juga faktor ekonomi dan keadaan keluarga siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 07:28 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/927 |
Actions (login required)
View Item |