METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING WASHOYA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMP AL HIKMAH MELATHEN TULUNGAGUNG

BASORI AHMAD, 1721143085 (2018) METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING WASHOYA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMP AL HIKMAH MELATHEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (42MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (409kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (811kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Washoya Untuk Membentuk Karakter Siswa SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung” ini ditulis oleh Basori Ahmad, NIM. 1721143085, pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Kitab Kuning, Karakter Penelitian ini di latarbelakangi oleh metode pembelajaran kitab kuning didalam lembaga pendidikan formal untuk membentuk karakter siswa. Pada zaman sekarang ini sangat jarang dijumpai pembelajaran pesantren yang diterapkan pada pendidikan formal. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimana metode guru PAI dalam mengajarkan kitab kuning Washoya untuk membentuk karakter siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung? (2) Apa problematika Guru PAI dalam mengajarkan kitab kuning Washoya untuk membentuk karakter siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung? (3) Bagaimana upaya Guru PAI mengatasi problematika pembelajaran kitab kuning Washoya untuk membentuk karakter siswa di SMP Al Hikmah Melathen Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, metode pembelajaran kitab kuning yang diterapkan di SMP Al Hikmah Melathen adalah metode bandongan, metode syawir (musyawaroh), dan metode sorogan. Kedua, problematika yang terjadi didalam pembelajaran kitab kuning adalah pengelolaan kelas kurang efektif, kurangnya jam proses pembelajaran, sarana dan prasarana yang belum mendukung, terdapat siswa yang masih bolos, perbedaan tingkat pemahaman, siswa pasif, perbedaan status siswa antara mukim dan laju. Ketiga, upaya mengatasi problematika pembelajaran kitab kuning adalah penjelasan materi disertai motivasi dan bersifat humoris, manajemen waktu, dibentuk pengawas kamar dan pendamping syawir siswa (mudabbir), santri di tuntut untuk disiplin menembel kitab, memperkuat keaktifan metode syawir, diadakannya program pesantren kilat bagi siswa yang tidak mukim di Pondok setiap satu semester sekali

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MAHASISWA 1721143085 BASORI AHMAD
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:51
Last Modified: 07 Sep 2018 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9274

Actions (login required)

View Item View Item