STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI KEGIATAN MENGAJI JUM’AT PAGI SISWA KELAS X DI SMAN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

MUHAMMAD FIKRI HAIKAL, 1721143278 (2018) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI KEGIATAN MENGAJI JUM’AT PAGI SISWA KELAS X DI SMAN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca Al-Qur’an Melalui Kegiatan Mengaji Jum’at Pagi Siswa Kelas X di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung” ini di tulis oleh Muhammad Fikri Haikal, NIM.1721143278, Pembimbing Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Kelancaran Membaca Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam membimbing, menuntun dan mengarahkan para siswanya untuk dapat meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an, agar menjadi generasi-generasi penerus yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, sesuai dengan kaidahkaidahnya dan menjadi keingin tahuan peneliti yang besar terkait strategi guru PAI dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an melalui kegiatan mengaji jum’at pagi siswa kelas X di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah strategi guru PAI dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an melalui kegiatan mengaji jum’at pagi siswa kelas X di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung ? (2) Bagaimanakah metode guru PAI dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an melalui kegiatan mengaji jum’at pagi siswa kelas X di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung ? (3) Apa sajakah faktor penghambat dan pendukung dalammeningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an melalui kegiatan mengaji jum’at pagi siswa kelas X di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung ?. Adapun yang menjadi yang menjadi tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana upaya guru PAI yang di fokuskan pada strategi guru PAI, Metode yang digunakan serta faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an melalui kegiatan mengaji jum’at pagi siswa kelas X di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi ini di susun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan memperoleh hasil bahwa: 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an yaitu melalui Penggunakan strategi pembelajaran ekspositori atau menyampaikan materi secara verbal, seperti persiapan materi pembelajaran, penyajian materi pembelajaran membaca AlQur’an yang di bantu oleh anak takmir, menghubungkan materi pembelajaran yang didalamnya juga dijelaskan terkait isi kandungan, asbabun nuzul, tajwid, tartil, menarik kesimpulan pembelajaran, pengaplikasian materi pembelajaran terhadap kehidupan sehari-hari, Pemahaman tajwid pada kegiatan mengaji jum’at pagi guru menggunakan pendekatan klasikal baca simak, Guru memberikan penguatan pada siswa agar dapat membaca Al-Qur’an yang baik. Guru mengajak orang tua untuk memasukkan para peserta didik mengikuti kegiatan mengaji di luar kegiatan sekolah umum.2) Metode yang diterapkan dari kegiatan jum’at pagi adalah metode Iqra’, dengan menggabungkan metode drill (latihan), Adanya kegiatan khotmil qur’an periode tertentu untuk membantu siswa dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Quran, Adanya tugas tagihan hafalan surat pendek pada siswa yang kurang lancar, Guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an, termasuk didalamnya suasana ruang kelas, penataan meja dan kursi, buku penunjang kegiatan belajar mengajar, lingkungan sekitar kelas dan sebagainya, Guru sebagai evaluator dalam menilai siswa yang memiliki wewenang dalam menilai kelayakan siswa yang diajarnya serta tidak hanya menilai siswa dari hasil pembelajarannya namun juga menilai proses jalannya pembelajaran, Adanya perhatian khusus yang di berikan guru kepada siswa yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an seperti pengembangan kemampuan diri siswa yang ditunjang dengan kegiatan-kegiatan religius, sehingga suasana keakraban siswa dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an semakin terasah baik 3) Faktor-faktor penghambat antara lain, Kesadaran siswa untuk belajar membaca Al-Qur’an masih minim dikarenakan motivasi belajar siswa yang kurang, Pengawasan guru di sekolahan yang terbatas, menjadikan proses kegiatan mengaji jum’at pagi menjadi tidak kondusif serta hasil dari kegiatan mengaji jum’at pagi menjadi kurang baik, Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an yang bervariasi yang mengacu pada aspek kemampuan intelektual siswa sehingga guru harus benar-benar mampu memilah atau mengelompokkannya. Sedangkan faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an melalui kegiatan mengaji jum’at pagi siswa kelas X di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung antara lain Adanya perhatian dari pimpinan lembaga sekolah yang aktif dalam bentuk partisipasi aktif, pengelolaan kegiatan yang baik, serta pengawasan dalam pelaksanaan kegiatan mengaji jum’at pagi, Peran orang tua dalam mendidik siswa agar selalu senantiasa membaca Al-Qur’an dalam waktu-waktu tertentu di rumah dikarenakan waktu siswa lebih banyak di luar kegiatan sekolah, sehingga intensitas pengawasan siswa lebih maksimal dengan adanya dukungan aktif dari orang tua, Tersedianya fasilitas di sekolahan seperti adanya masjid sekolah yang luas, indah asri dan megah dengan banyaknya buku Al-Qur’an dan buku bacaan lain sebagai pemenuhan kebutuhan belajar siswa yang menunjang kegiatan mengaji jum’at pagi, Adanya peran aktif dari seluruh warga sekolah yang diwujudkan dengan terbangunnya komitmen yang baik antara sekolahan dan seluruh stakeholder.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143278 MUHAMMAD FIKRI HAIKAL
Date Deposited: 06 Sep 2018 06:26
Last Modified: 06 Sep 2018 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item