AYUNI CLAUDIA CYNTIA DEWI, 1724143050 (2018) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS VII MTS AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN TEORI PIAGET DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (359kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ayuni Claudia Cyntia Dewi, 1724143050, 2018. “Analisis Pemahaman Siswa Kelas VII Mts Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri Pada Materi Aritmetika Sosial Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dra. Umy Zahroh, M. Kes Kata Kunci: Analisis, Pemahaman, Teori Piaget, Aktivitas Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa sering ditemukan masalah atau kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar matematika khususnya materi konsep dari Aljabar misalnya, pada materi aritmatika sossial. Kesalahan yang dilakukan bisa jadi karena kurangnya pemahaman yang dialami oleh siswa dalam mempelajari materi tersebut. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah perlu adanya teori yang mendukung pembelajaran secara tepat dan cermat. Salah satu teori perkembangan kognitif adalah teori Piaget. Teori perkembangan kognitif dan teori konstruktivisme Piaget banyak mempengaruhi dunia pendidikan, terutama pendidikan kognitif pada masa kanak-kanak sampai remaja. Perkembangan kognitif dimulai dari proses-proses berpikir secara konkrit sampai dengan yang lebih tinggi yaitu konsep-konsep abstrak dan logis. Salah satu konsep perkembangan kognitif yang di kemukakan Piaget adalah tahap Operasi Formal. Ini adalah tahap terakhir dalam perkembangan kognitif yang terjadi pada anak remaja usia 11 atau 12 tahun kea atas. Tahap Operasi Formal meliputi proporsi, sistem referensi ganda, kesetimbangan hidrostatis, probabilitas, dua reversibilitas. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian berkaitan dengan jenis proses pemahaman matematis siswa berdasarkan Teori Piaget. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket aktivitas belajar siswa, lembar tugas siswa (tes), dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII B MTs Al-Mahrusiayah Lirboyo Kediri, yang terdiri dari 2 siswa pada tiap kategori aktivitas belajar. Subjek yang dipilih akan dilakukan wawancara kemampuan pemahaman siswa. Data mengenai pemahaman siswa dianalisis dari hasil tes lalu dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan 6 subjek penelitian baik yang beraktivitas belajar tinggi, sedang, dan rendah mencapai kemapuan pemahaman tahap Operasi Formal yang berbeda-beda, yakni: (1) Siswa yang beraktivitas belajar tinggi dalam menyelesaikan lembar tugas siswa (tes) dapat melakukan semua skema operasi formal yaitu proporsi, sistem referensi ganda, kesetimbangan hidrostatis, probabilitas, dua reversibilitas ; (2) Siswa yang beraktivitas belajar sedang masing- masing hanya dapat melakukan dua skema operasi formal ; (3) Siswa yang beraktivitas belajar rendah tidak mampu melakukan semua skema dalam operasi formal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143050 AYUNI CLAUDIA CYNTIA DEWI |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 06:48 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9302 |
Actions (login required)
View Item |