ELMA ULAFATUN NIZARUROH, 1725143078 (2018) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung” ini ditulis oleh Elma Ulafatun Nizaruroh, NIM. 1725143078, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci: Kesulitan, Guru, Kurikulum, 2013 Salah satu komponen yang berperan penting dalam sistem pendidikan adalah kurikulum, karena kurikulum meupakan acuan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran setiap satuan pendidikan. Dalam sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia, pergantian kurikulum sudah beberapa kali dilakukan. Dengan perubahan, dan penyempurnaan kurikulum ini diharapkan sasaran dan tujuan pendidikan akan tercapai secara maksimal dan optimal. Pada tahun ajaran 2013/2014, pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional menetapkan Kurikulum 2013 pada setiap jenjang pendidikan. Dengan diberlakukannya Kurikulum 2013, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun dalam perubahan yang dilakukan oleh pemerintah, tentunya tidak sedikit guru yang mengalami kesulitan dalam menerapkan Kurikulum 2013. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung yang mana ada beberapa yang masih sulit memahami kurikulum 2013 dan hasil prestasi belajar siswa menurun. Dalam hal ini peneliti berusaha menemukan kesulitan guru Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan, proses, dan hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, (2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan menerapkan Kurikulum 2013 di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, (3) Apa faktor-faktor penyebab kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan menerapkan 2013 di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data tersebut diberikan kepada kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru kelas I-B, II-B, IV, VA SD Islam MiftahulHuda Plosokandang Tulungagung. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan yang dialami oleh guru dalam menerapkan kurikulum 2013, yaitu: (1) Kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum 2013: a) Kesulitan dalam dalam memahami materi, b) Penilaian yang ada 4 macam membuat guru mengalami kesulitan dalam membagi waktu mengerjakan penilaian yang sangat detail berbentuk deskriptif, c) Dalam 1 hari kalau kelas bawah otomatis masih menggunakan media sehingga mereka bisa memahami, guru mengalami kesulitan ketika harus membuat media setiap hari, d) Terhambatnya proses pembelajaran dikelas. (2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan menerapkan 2013: a) Guru mengulang kembali materi yang belum dipahami, b) Mengatur jadwal disela-sela guru tidak mengajar, guru mengerjakan penilaian peserta didik, c) Membuat media dalam satu pembelajaran meskipun tidak semua materi, d) Mendonwoald buku jika terjadi keterlambatan buku. (3) Faktor-faktor penyebab kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum 2013: a) Banyak kegiatan tambahan yang mengganggu proses pembelajaran, hal ini ketika seharusnya seorang guru melakukan 1 pembelajaran menjadi 2 pembelajaran dikarenakan waktu yang singkat terpotong kegiatan try out dan lain sebagainya, b) Pelatihan yang singkat dari diknas, c) Kreativitas dalam pembuatan media yang kurang dimaksimalkan, d) Keterlambatan buku.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143078 ELMA ULAFATUN NIZARUROH |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 04:12 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 04:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9305 |
Actions (login required)
View Item |