KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KECEPATAN PADA KELAS V MI NURUL HUDA MANDESAN SELOPURO BLITAR

MUFARIKHATUS SHOLIKAH, 2817133214 (2018) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KECEPATAN PADA KELAS V MI NURUL HUDA MANDESAN SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (851kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kecepatan Kelas V MI Nurul Huda Mandesan Selopuro Blitar” ini ditulis oleh Mufarikhatus Sholikah, NIM. 2817133214, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Kecepatan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peserta didik yang memiliki hasil belajar matematika rendah. Keadaan tersebut mengindikasikan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik pun masih belum memadai. Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kunci dalam menguasai keterampilan matematika. Penting bagi guru untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis peserta didik agar kualitas pembelajaran matematika dapat selalu ditingkatkan sehingga kemampuan koneksi matematis peserta didik dapat terus berkembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika materi kecepatan pada kelas V MI Nurul Huda Mandesan Selopuro Blitar tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Nurul Huda Mandesan. Peneliti menggunakan teknik observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menjawab tiga fokus masalah, yakni: (1) Peserta didik berkemampuan matematika tinggi mampu mencapai semua indikator koneksi matematis yang digunakan peneliti. Namun dalam hal menuangkan gagasan yang diketahui menjadi model matematika masih kurang sempurna dan kurang sistematis. (2) Peserta didik berkemampuan matematika sedang memiliki pencapaian indikator yang berbeda. Beberapa persoalan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari belum mampu diselesaikan karena mereka belum mampu memanfaatkan konsep matematika yang sesuai. Selain itu, terdapat peserta didik yang mampu menggunakan matematika untuk menyelesaikan persoalan pada bidang studi lain dan terdapat pula peserta didik yang belum mampu menguasai indikator tersebut. (3) Peserta didik berkemampuan matematika rendah belum mampu menguasai semua indikator kemampuan koneksi matematis yang digunakan peneliti. Mereka hanya mampu mengidentifikasi gagasan yang ada, namun belum mampu menghubungkannya menjadi model matematika yang baik untuk menyelesaikan persoalan pada bidang studi lain maupun persoalan pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133214 MUFARIKHATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:23
Last Modified: 13 Sep 2018 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9325

Actions (login required)

View Item View Item