FITRI SILFIANA DEWI, 1725143104 (2018) HUBUNGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS II MI NEGERI 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (329kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (179kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (207kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas II MI Negeri 6 Tulungagung” yang ditulis oleh Fitri Silfiana Dewi, NIM. 1725143104, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Teams Games Tournament, Minat, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan saat ini yang mengarah pada proses pembelajaran. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah. Pembelajaran yang dikemas berupa guru menyampaikan materi dan peserta didik hanya sebagai pendengar sehingga peserta didik menjadi pasif dalam kegiatan belajar dan minat peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih menekankan pada sisi permainan dengan penghargaan (reward) diakhir permainan. Aktivitas belajar siswa dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memungkinkan siswa lebih rileks dan semangat dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar fiqih siswa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung? (2) Adakah hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung? (3) Adakah hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar fiqih siswa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Menjelaskan hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar fiqih siswa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung. (2) Menjelaskan hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung. (3) Menjelaskan hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar fiqih siswa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siwa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar fiqih siswa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji korelasi dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,565 sehingga rhitung > rtabel dengan probabilitas 0,565 > 0,329. (2) Ada hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji korelasi dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,562 sehingga rhitung > rtabel dengan probabilitas 0,562 > 0,329. (3) Ada hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar fiqih siswa kelas II MI Negeri 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji korelasi dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,665 sehingga rhitung > rtabel dengan probabilitas 0,665 > 0,329. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang dapat disimpulkan bahwa ada hubungan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143104 FITRI SILFIANA DEWI |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 03:07 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9327 |
Actions (login required)
View Item |