KHOIRUN NISAK, 1724143123 (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMAHAMI MATERI “SUDUT” SISWA KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (920kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (368kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (173kB) |
||
|
Text
BAB VI .pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nisak, Khoirun. Nomor Induk Mahasiswa 1724143123. 2018. “Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memahami Materi “Sudut” Siswa Kelas VII SMPN 1 Kalidawir”. Jurusan Tadris Matematika. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, memahami, sudut. Kemampuan berpikir kritis merupakan bagian dari kemampuan berpikir matematis yang perlu dimiliki oleh setiap siswa dalam menghadapi berbagai permasalahan. Siswa yang berpikir kritis akan menjadikan penalaran sebagai landasan berpikir, berani megambil keputusan dan konsisten dengan keputusan tersebut. Siswa sulit untuk mengaitkan hubungan garis dan sudut dengan sifat sifat yang ada. Selain itu, siswa juga hanya menghafal sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain tanpa memahami prinsipnya. Akibatnya, jika diberikan soal-soal yang bentuknya lebih variatif siswa tidak mampu untuk menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kemampuan matematika “atas” dalam memahami materi “sudut” siswa kelas VII di SMPN 1 Kalidawir, untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis “sedang” dalam memahami materi “sudut” siswa kelas VII di SMPN 1 Kalidawir, dan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis “rendah” dalam memahami materi “sudut” siswa kelas VII di SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjeknya adalah siswa kelas VII-H di SMPN 1 Kalidawir dan sekundernya adalah hasil observasi dan arsip-arsip yang didapat dari pihak sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data model Miles dan Huberman yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi (Conclusion Drawing and Verification). Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa, 1)Siswa dengan kemampuan matematika atas, memenuhi lima aspek, yaitu: aspek memberikan penjelasan sederhana, membangun strategi dan taktik, membuat penjelasan lebih lanjut, membangun keterampilan dasar, dan aspek menyimpulkan. 2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang, memenuhi empat aspek yaitu aspek memberikan penjelasan sederhana, membuat penjelasan lebih lanjut, membangun keterampilan dasar, dan aspek menyimpulkan.3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah, memenuhi satu aspek yaitu aspek membuat penjelasan lebih lanjut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd 1724143123 KHOIRUN NISAK |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 02:10 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 02:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9357 |
Actions (login required)
View Item |