PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung )

SYAFINATUL KHOIRIYAH, 1756154052 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung ). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Syafinatul KhoiriyalL 2AL7, "Penanam&n Nilai-nilai Keagarnaalr dalam Mengembangkan Karakter Siswa (Studi Multisitus di MTs Negeri Tulungagung dan MTs Negeri Tunggangri)". Tesis. Program Studi Pendidikan Agam. Islam (PAI), Pascasarjana, IAIN Tulungagung. Pembimbing: (l) Dr. Ngainun Naim, M.H.I" dan (2) Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: PenanamanNilai Keagamaan, Karakter Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di kalangan siswa ketika mereka berada di madrasah. Selain melaksanakan kegiatan pembelqiaran, siswa j'rgp melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan. Melalui kegiatan keagamaan tersebut nilai-nilai keagamaut ditanamkan pada siswa. Nilainilai keagam^?,n yang dilaksanakan dalam berbagai kegiatan keagamaan di madrasah menjadi salah satu cara yang digunakan oleh guru untuk menciptakan karakter religius siswa terutama di lingkungan madrasah. Namun diperlukan berbagai pendekatan sehingga nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan pada siswa di rnadrasab yaitu di MTs Negeri Tulungagung dan MTs Negeri Tunggangri dapat mengembangkan karakter pada diri siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini berfokus pada: l) apa saja nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan pada siswa di MTs Negeri Tulungagung dan MTs Negeri Tunggangri? 2) bagaimana pendekatan penanaman nilai-nilai keagamaan dalam mengembangkan karakter siswa di MTs Negeri Tulungagung dan MTs Negeri Tunggangri? 3) bagaimana hasil penanaman nilai-nilai keagamaan dalam mengembangkan karakter siswa di MTs Negeri Tulungagung dan MTs Negeri Tunggangri? Mendasari fokus penelitian tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan nilai-nilai keagamaan yang ditanamkaq pendekatan yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai dalam mengembangkan karakter siswa dan hasil dari penanaman nilai-nilai keagamaan dzlam mengembangkan karalder sisva di MTs Negeri Tulungagung dan MTs Negeri Tunggangri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancar4 observasi, dan dokumentasi. Analisis rlata menggunakan analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan di MTs Negeri Tulungagung dan di MTs Negeri Tunggangri adalah nilai ketaqwaarq nilai kepatuhan, nilai kesopanan, nilai cinta terhadap Al-Qur'an, nilai ukhuwah, nilai kepedulian dan nilai kerjasama yang ditanamkan melalui berbagai kegiatan seperti tebar salam dan tegur sap4 tadarus Al-Qur'an, hafalan Yasin dan tahli, kajian kitab kuning tilawatil Qur'an, shalat Dhuha dan shalat Dhuhur berjama'ah, dan kegiatm J'um'at beramal. Pendekatan penanarnan nilainilai keagamaan dalam mengembangkan karatter siswa melalui pendekatan pembiasaarq pengalaman langsung, pendekatan flrngsional dan xlll pendekatan keteladanan. Hasil penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa yaitu mengernbangkan karakter religius, karakter kesopanan" karakter peduli sosial, karaktertanggung jawab dan karakter kedisiplinan pada siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756154052 SYAFINATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:54
Last Modified: 21 Sep 2018 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9454

Actions (login required)

View Item View Item